Destinasi Indonesia Jawa

Pantai Ngungap, Wisata Pantai Gunung Kidul yang Tak Berpasir

Pinterest LinkedIn Tumblr

Wisata Pantai Gunung Kidul terkenal karena pantai-pantainya memiliki banyak keunikan. Beberapa pantai di Gunung Kidul yang sudah terkenal di kalangan para wisatawan adalah Pantai Wediombo, Drini, Ngrenehan, Jogan, atau Indrayanti. Ternyata selain pantai-pantai yang disebutkan tadi, wilayah Gunung Kidul juga memiliki pantai yang unik yang bernama Pantai Ngungap. Tertarik untuk tahu tentang pantai ini? Ini ulasannya dari Holamigo.

Asal Muasal Pantai Ngungap

wisata pantai gunung kidul, pantai di gunung kidul, wisata pantai
sangperegrine.wordpress.com

Siapa sangka ternyata pantai ini ditemukan oleh seorang naturalis sekaligus botanikus juga geolog dari Jerman yang bernama Franz Wilhelm Junghuhn. Dia adalah seorang peneliti Pulau Jawa. Pada tahun 1856 dia menjejakkan kakinya di Pantai Ngongap. Junghunh sampai di pesisir Selatan Jawa setelah melewati belantara tanah Jawa berjalan selama berminggu-minggu. Pantai Selatan yang terkenal dengan karang terjal dan deburan ombak dari Samudra Hindia menjadi tempat dia berpikir mengenai keindahan alam, tradisi juga kemakmuran Pulau Jawa. Dia pun mengabadikan pantai di Gunung Kidul ini dalam sebuah lukisan yag berjudul “Sudkuste bei Rongkop”. Setelah kedatangan Junghunh 159 tahun yang lalu, ternyata pantai ini masih terlihat sama.

Surga Bagi Burung Berliur Emas

wisata pantai gunung kidul, pantai di gunung kidul, wisata pantai
Instagram @naufal_feno

Pantai Ngungap yang menjadi objek wisata pantai Gunung Kidul ini ternyata tak hanya dinikmati oleh wisatawan tapi juga burung walet.  Goa-goa yang letaknya di bawah karang adalah rumah yang ideal bagi para burung yang juga dikenal dengan nama lain, Aedromus sp. Di sini, burung-burung tersebut akan terbebas dari para predator  yang akan mencuri sarang mereka. Meski berbahaya, masyarakat di sini rela menempuh resiko tinggi demi mendapatkan sarang tersebut yang harganya bisa sampai jutaan rupiah. Penduduk masih menggunakan peralatan yang sama yang digunakan di masa Junghuhn yaitu memakai tangga tali tambang.

Daya Tarik Pantai Ngungap

Instagram @baby_pogot

Tahukah kamu apa arti nama pantai di Gunung Kidul ini? Ternyata dalam bahasa Indonesia Pantai Ngungap artinya menengok. Kata “Ngungap” asal katanya adalah ngungak. Jika pantai umumnya memiliki pasir, tidak begitu dengan objek wisata pantai Gunung Kidul ini. Di sini pengunjung tak akan menemukan pasir juga garis pantai. Pengunjung juga tak bisa bermain air. Yang ada di sini adalah bukit karang yang curam dengan warna hijau, karang yang tajam juga deburan ombak yang sangat besar. Pemandangan langsung yang tersaji adalah hamparan laut biru yang memesona. Selain itu, wisatawan juga dapat menemukan beragam ikan. Penggemar memancing, bisa menikmati aktivitas ini di spot-spot yang tersedia di sini. Soal spot foto jangan di tanya. Banyak tempat yang bisa digunakan untuk melihat sunset dan pemandangan lainnya.

Baca juga:

Mandeh, Surga Tersembunyi di Selatan Sumatra Barat

Wisata Pantai di Lombok yang Memiliki Berjuta Pesona

Menelusuri Keindahan Pantai Jungwok, Gunung Kidul

Jika kamu tertarik untuk berlibur ke destinasi wisata pantai Gunung Kidul ini dan tak ingin tersesat, kamu bisa menyewa kendaraan lengkap dengan pemandu. Pantai di Gunung Kidul memang layak untuk dijelajahi jika kamu seorang petualang.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.