Inspirasi Travel Tips

Baru Merasakan Open Trip? Coba Tips Ini Biar Jauh Dari Tipu-Tipu

Pinterest LinkedIn Tumblr

Beberapa waktu terakhir, banyak sekali ditemukan paket wisata open trip yang diadakan oleh beberapa travel agent. Bahkan paket yang ditawarkan benar-benar menggiurkan, tidak heran jika gaya traveling satu ini pun digandrungi oleh banyak orang. Tapi, di luar fenomena ramainya paket wisata open trip. Tidak sedikit juga kasus penipuan yang dilakukan oleh beberapa oknum travel agent yang tidak bertanggung jawab loh!

Mengutip Detik Travel, terdapat kasus penipuan mengenai open trip yang dilakukan oleh Easy to Holiday. Kasus dari travel agent tersebut bahkan hingga kini masih dicari pengelolanya. Belum lagi, ada pula yang bermasalah pada peserta open trip mulai dari kerugian materil hingga emosional. Jadi, kalau sudah begini kamu jangan asal tergiur dan percaya dengan penawaran paket asal murah ya! Kamu perlu jeli dalam memilih travel agent demi pelesir kamu lancar. Berikut beberapa tips yang bisa kamu upayakan untuk memilih paket open trip terpercaya tanpa tipu-tipu.

Cek Lisensi Travel Agent Pilihanmu

Image source: thetravelteam.com

Mengutip wawancara Sekretaris Jenderal Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno pada Kompas.com, sistem open trip jadi bermasalah karena yang mengadakan biasanya perorangan. Pihak yang mengadakan open trip pun biasanya tidak punya lisensi. Pada akhirnya mereka pun tidak memiliki badan hukum resmi yang bisa melindungi perjalanan ini. Kamu bisa cek lisensi travel agent pilihan kamu ke asosiasi. Karena kalau tidak ada lisensi resmi, kamu tidak akan tahu siapa penyelenggaranya.

Pauline pun mengatakan jika penyelenggara trip jenis ini tidak memiliki akses untuk melakukan block seat. Hal ini bisa mengakibatkan habisnya kuota tiket murah yang ditawarkan di awal. Sistem tersebut membuat travel agent harus mengumpulkan orang dan biaya terlebih dahulu yang berisiko harga berubah saat transaksi dilakukan.

Pastikan Travel Agent Pilihan Kamu Sudah Tergabung di Asosiasi

Image source: ITLA facebook

Kalau kamu baru mau ikut open trip namun masih ragu dengan pilihan kamu. Perlu juga kamu cari tahu travel agent yang kamu pilih. Apakah travel agent tersebut memang sudah ikut salah satu asosiasi pariwisata? Selain demi keamanan, dengan kamu mau memeriksakan travel agent pilihan kamu. Kamu bisa mengawasi dan mempelajari rekam jejak travel agent tersebut. Hal ini pun berlaku untuk tour leader yang akan memandu perjalanan kamu.

Ketua Dewan Penasehat Indonesia Tour Leader Association (ITLA ) Rudiana mengungkapkan, jangan khawatir jika ditemukan kinerja kurang baik dari tour leader yang tergabung di ITLA. Karena kasusnya akan segera tersampaikan cepat dan langsung ditangani asosiasi. Sementara jika travel agent dan tour leader yang bersangkutan tidak tergabung di asosiasi manapun, akan sulit ditangani masalahnya.

Selalu Hati-Hati Dengan Cek Rekening Transaksi

Saat kamu akan transaksi, kamu perlu waspada ya. Pastikan rekening yang dituju adalah rekening perusahaan. Upaya ini bisa menjauhkanmu dari penipuan. Jadi, pastikan rekening transaksi bukan rekening pribadi ya!

Survey Harga Juga Perlu Agar Jauh Dari Penipuan

Image source: questionpro.com

Setelah kamu menimbang-nimbang dengan upaya di atas, upaya terakhir yang bisa kamu lakukan adalah survey harga. Memang semua juga ingin jalan-jalan nyaman dengan harga hemat. Namun, jika kamu menemukan harga yang jauh dari kata wajar, jangan kamu telan bulat-bulat. Sebut saja paket liburan ke Korea range-nya dimulai dari harga 8 juta. Kemudian kamu menemukan paket yang sama dengan harga mulai dari 4 juta. Sudah jelas itu menipu dan sebaiknya kamu urung niat.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.