Kuliner

Olahan Nasi Khas 6 Negara Ini Pasti Bikin Kamu Ngiler!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bukan Indonesia saja yang punya olahan nasi dengan cita rasa yang menggugah selera. Ada banyak negara lain yang juga memiliki berbagai menu khas dari nasi yang tak kalah lezatnya. Contohnya enam negara ini yang punya olahan berbahan dasar nasi dan pastinya bikin kamu ingin mencobanya. Kira-kira apa saja ya menu tersebut dan dari mana asalnya? Ini nih daftar menunya!

Loco Moco, Hawaii

olahan nasi dari hawaii
Image source: @peaceandkalo

Olahan nasi yang satu ini merupakan menu kontemporer di Hawaii sana. Meskipun sudah banyak modifikasi dari loco moco, namun versi aslinya hanya menggunakan nasi putih yang diberi topping daging burger (patty), telur goreng, dan saus kaldu atau gravy. Kalau kamu penyuka seafood, kamu juga bisa menambahkannya pada hidangan ini. Nama loco moco diambil dari nama sebuah restoran di Hawaii yang menyajikan berbagai menu rice bowl.

Risotto, Italia

risotto olahan nasi dari italia
Image source: @ilclubdellericette

Risotto tepatnya berasal dari Italia Utara. Bahan utamanya adalah nasi yang dicampur dengan kaldu lalu dimasak hingga teksturnya mengental. Olahan nasi ini juga bisa ditambah dengan bahan lain seperti sayuran, daging, dan ikan. Untuk penguat rasa, biasanya bawang, mentega, atau wine ditambahkan ke dalam risotto. Meskipun cara pembuatannya terlihat mudah dan sederhana, kabarnya dibutuhkan keahlian khusus agar bisa menghasilkan risotto yang lezat dan sempurna. Bahkan tidak sedikit orang yang berlatih dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya demi membuat sepiring risotto.

Suman, Filipina

Image source: @pinoyexpatsinczechrepublic

Suman merupakan olahan nasi khas Filipina yang terbuat dari beras ketan, santan, dan gula. Cara membuatnya, bahan-bahan tersebut dimasak setengah matang kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Sekilas penampilannya memang mirip lemper ya? Hanya saja olahan ini memiliki rasa yang manis dan semakin nikmat bila disantap dengan potongan buah mangga atau gula merah cair.

Risalamande, Denmark

Image source: @mummum.dk

Satu lagi olahan nasi dengan rasa yang manis, yaitu risalamande dari Denmark. Kuliner ini dikenal juga sebagai puding nasi yang dicampur dengan krim kocok, potongan kacang almond, dan vanilla. Bila ingin menambah kelezatannya, masyarakat Denmark biasa menambahkan topping berupa saus ceri merah yang nampak kontras dengan warna putih dari pudingnya.

Biryani, India

Image source: @katikatiworld

Kalau kamu datang ke restoran India yang ada di Indonesia, biryani akan menjadi salah satu yang kamu lihat di daftar menu. Olahan nasi ini juga sudah mendunia lho! Biryani merupakan nasi yang dimasak bersama rempah-rempah asli India. Beras yang digunakannya pun bukan sembarang beras, melainkan beras basmati yang butirannya lebih besar dibandingkan beras lainnya. Setelah itu, bahan lain seperti sayuran dan daging ayam pun ditambahkan untuk menjadi pelengkap olahan ini.

Katsudon, Jepang

Image source: @ramen_ocing

Olahan nasi yang satu ini juga sudah terkenal di banyak negara, termasuk Indonesia. Kuliner khas Jepang ini berupa semangkuk nasi yang dimakan bersama dengan ayam tanpa tulang yang dibalur tepung atau daging sapi yang digoreng. Potongan daging tersebut disiram kocokan telur ayam setengah matang atau saus barbeque. Untuk menambah kelezatan hidangan ini, biasanya orang Jepang menyantapnya dengan sup miso hangat. Oh ya, ternyata katsudon memiliki versi beragam lho! Ada miso katsudon, shio katsudon, shoyu-dare katsudon, demi katsudon, dll.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.