Seni

Olafur Eliasson, Seniman yang Memindahkan Sungai dan Batuan ke dalam Museum

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi kamu yang gemar menjelajahi alam terbuka, pasti pernah melewati tanah bebatuan yang tidak rata. Kerap kali harus berhati-hati memilih pijakan agar tidak tergelincir saat berjalan atau membawa kendaraan. Namun apa jadinya jika kondisi tanah bebatuan di alam terbuka tersebut justru kita temukan di dalam ruangan museum? Seniman Denmark-Islandia, Olafur Eliasson, menciptakannya dalam karya seni berjudul “Riverbed”.

Riverbed
Image credit: olafureliasson.net

Unsur Alam sebagai Media Karya Seni

Dalam dunia seni rupa, Olafur Eliasson memang dikenal sebagai seniman yang gemar mengeksplorasi unsur alam dalam karya-karyanya. Ia sering membuat patung dan seni instalasi dalam ukuran yang besar dengan menggunakan cahaya, air, dan suhu udara. Seniman kelahiran 1967 ini mengajak kita untuk memikirkan kembali masalah-masalah lingkungan yang terjadi di sekitar.

Olafur Eliasson
Image credit: camillaalfthan.com

Pada tahun 2014, Olafur Eliassson menyulap bagian sayap selatan Louisiana Museum of Modern Art di Denmark menjadi hamparan tanah berbatuan lengkap dengan kanal air kecil yang mengalir dari ruangan satu ke ruangan lain. Karya seni berjudul “Riverbed” ini mengajak para pengunjung untuk merasakan pengalaman berjalan di atas bebatuan alami yang berada di dalam ruangan tertutup.

Untuk masuk ke dalam karya ini, kita perlu berjalan melalui koridor sempit dengan dinding berwarna putih yang kontras dengan lantai kayu. Belok ke ruangan selanjutnya, kita akan menemukan hamparan batuan vulkanik. Ketika kaki kita menginjak batuan tersebut, susunannya menjadi berubah dan meninggalkan jejak.

Pengalaman Berbeda Berkunjung ke Museum

Melalui karya tersebut, Olafur Eliasson mencoba untuk mempertanyakan makna pengalaman berkunjung ke museum. Ia membuat hubungan antar karya, ruangan, dan pengunjung menjadi rumit dan tidak biasa. Jika ekspektasi kita tentang pergi ke museum seni adalah melihat karya patung atau lukisan yang dipajang terpisah dan sangat berjarak dari pengunjung, justru dalam karya Olafur ini pengunjung dapat benar-benar terlibat bersama karyanya.

Olafur Eliasson
Image credit: olafureliasson.net

Nah, jika Olafur Eliasson sengaja menciptakan karya untuk memberikan pengalaman tidak biasa bagi para pengunjung museum, apakah kamu sendiri pernah mengalami hal yang tidak biasa ketika mengunjungi museum?

Baca juga Christo dan Jeanne Claude, Kedua Seniman Ini Membungkus 11 Pulau di Miami

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.