Event Indonesia Seni dan Budaya

Nikmati Keseruan Festival Budaya Indonesia di Festival Mahakam

Pinterest LinkedIn Tumblr

Festival budaya Indonesia menjadi salah satu atraksi wisata yang diagendakan secara serius oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tiap tahunnya selalu ada festival yang diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya yang diselenggarakan tepat hari ini adalah Festival Mahakam. Festival ini tujuannya adalah untuk mempromosikan Sungai Mahakam juga Kota Samarinda. Event ini mulai digelar pada tahun 1999. Acaranya dilakukan tiap akhir pekan pada minggu pertama di Bulan November di setiap tahunnya.

Festival Mahakam

Image Source @meliecarolina

Sebagai event tahunan yang cukup bergengsi, Festival Mahakam juga berhasil menarik perhatian turis asing. Mereka sengaja datang ke acara ini untuk menyaksikan keramaiannya. Sungai Mahakam yang menjadi lokasi dari salah satu festival budaya Indonesia ini merupakan sungai terpanjang di Kalimantan Timur. Sungai ini membelah provinsi yang akan menjadi ibu kota baru Indonesia. Mahakam merupakan sungai yang penting bagi masyarakat karena menopang kehidupan para penduduk yang tinggal di desa-desa kecil yang berada di hulu, hilir, juga sepanjang anak sungainya. Pada penyelenggaraan festival ini, masyarakat dan wisatawan bisa menyaksikan keindahan sungai dan menikmati pemandangannya. Tak lupa mereka juga berfoto di sana.

Perlombaan dan Parade

Sungai Mahakam
Image Source @noorthohir

Berbagai perlombaan disajikan pada festival Mahakam, seperti lomba balap perahu naga, berenang, power boating, tambangan, jet ski dan macam-macam perlombaan lainnya. Semua lomba tersebut diadakan di Sungai Mahakam. Beberapa peserta dari negara asing juga ikut berpartisipasi dalam festival ini, seperti contohnya tahun lalu ada  tim kebudayaan Prancis, Spanyol dan juga Italia. Dilaporkan festival tahun 2019 ini akan diramaikan oleh perwakilan dari negara Latvia.

Image Source @ali.wastukancana

Festival budaya Indonesia ini juga akan diadakan di beberapa tempat lain dan jenis perlombaan yang ditampilkannya pun berbeda.  Ada lomba tarian kreasi, lomba lagu dangdut, Mahakam Recycle Fashion, lomba masak profesional, lomba modifikasi motor, dan lomba kreasi nasi kuning.

Baca juga Intip Kuliner Khas Kalimantan Timur Sang Ibu Kota Baru

Tak hanya lomba, Festival Mahakam juga mengadakan parade band, atraksi budaya Reog, parade drumband, Mahakam River Jazz dan Parade Budaya. Sebagai salah satu Festival budaya Indonesia, tentu saja festival ini juga memperkenalkan banyak budaya Kalimantan Timur. Salah satunya dalam acara Jelajah Mahakam Explore Desa Budaya Pampang.

Desa Budaya Pampang

festival budaya Indonesia
Image Source Flickr.com/Arief Rachman

Wilayah yang dihuni oleh Suku Dayak Apokayan ini berada di Kalimantan Timur. Kampung Adat Pampang menjadi Desa Budya di tahun 1991. Di desa ini dilaksanakan beberapa gelaran yang bisa menarik wisatawan, contohnya Pelas Tahun. Untuk berkunjung ke desa ini, pengunjung dipungut bayaran sebesar Rp15.000. Dengan membayar sejumlah uang tersebut, pengunjung akan bisa menikmati suguhan tarian tradisional khas Suku Dayak yang tinggal di rumah adat yang bernama Lamin adat Pamuan Tawai.

Festival budaya Indonesia
Image Source @frencynatdhar

Asyik bukan jika bisa hadir digelaran salah satu festival budaya Indonesia ini? Pastinya pengunjung akan bisa menyaksikan banyak keseruan di Festival Mahakam.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.