Kuliner

Nikmati 5 Batagor Legendaris di Bandung

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sudah tak asing lagi jika Bandung terkenal dengan beragam kulinernya. Salah satu yang khas di kota ini adalah batagor, yang merupakan akronim dari baso tahu goreng. Kuliner Bandung yang satu ini berbahan dasar adonan ikan tenggiri dan tepung kanji. Adonan tersebut diisi ke dalam pangsit dan tahu, kemudian digoreng hingga kering. Untuk menikmatinya pun kita bisa menambahkan bumbu kacang dan kecap.

Jika kamu berjalan-jalan ke Bandung, maka wajib untuk mencicipi kudapan ini. Holamigo merangkum 5 gerai batagor legendaris di Bandung dalam ulasan berikut yang bisa jadi pilihanmu.

Batagor Riri

Batagor Riri
Image credit: instagram.com/batagor_riri

Berpusat di Jalan Burangrang No. 41, Batagor Riri telah berdiri sejak tahun 1985. Adonan ikan tenggiri yang gurih serta kelezatan sambal kacangnya, membuat Batagor Riri selalu diburu berbagai kalangan baik dari dalam maupun luar Kota Bandung.

Jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh, Batagor Riri tersedia paket bungkus yang berisi 5 siomay dan 5 baso tahu dengan harga Rp 135.000. Paket bungkus ini dapat bertahan di luar kulkas selama 24 jam.

Tidak hanya batagor, di sini pun tersedia berbagai menu lainnya. Seperti baso campur, baso sapi, mie ayam, yamin, nasi ayam, bubur ayam, bihun kuah, dan yahun manis. Batagor Riri membuka cabang di beberapa tempat. Kamu bisa menemukannya di Paskal Hypersquare, Jalan Kebon Kawung, Mode Plus Setiabudhi, Level Outlet Dago, dan di Sosis Kita Pasirkaliki.

Batagor Kingsley

Kingsley
Image credit: instagram.com/susi_chin10

Berdiri sejak tahun 1982, Batagor Kingsley menjadi salah satu yang legendaris di kota Bandung. Lokasi gerainya berada di Jalan Veteran No. 5. Ukuran batagor yang tersaji cukup besar. Rasanya pun tak usah diragukan lagi.

Satu porsi Batagor Kingsley dibanderol seharga Rp 195.000 berisi 10 buah. Ada pun paket yang dijual setengah matang untuk digoreng sendiri di rumah. Pengiriman ke luar kota yang memakan waktu satu hari pun tersedia di sini.

Batagor Abuy

Batagor Abuy Bandung
Image credit: instagram.com/batagorabuy.bdg

Di foodcourt Jalan Lengkong Besar, ada batagor lainnya yang telah berdiri sejak tahun 1983, yakni Batagor Abuy. Adonan ikan tenggiri yang nikmat serta bumbu kacang yang melimpah tersaji di sini. Tersedia juga baso isi keju, siomay pangsit, dan rice bowl dengan topping siomay.

Untuk gerai yang berada di Jalan Lengkong Besar, dibuka pada pukul 4 sore hingga 10 malam. Sementara untuk gerai yang berada di Jalan Emong, buka dari pukul 11 siang hingga 9 malam.

Batagor Yunus

Batagor Yunus Bandung
Image credit: instagram.com/irwanlast

Salah satu batagor legendaris lainnya di Bandung selatan adalah Batagor Yunus. Kedai yang satu ini telah dirintis sejak tahun 1972 dan dikembangkan secara turun-temurun dengan berpusat di Jalan Kopo No. 68. Lokasinya tak jauh dari Rumah Sakit Immanuel.

Tak perlu menunggu lama untuk menikmati kelezatan adonan tenggiri goreng dibalut kelembutan tahu. Untuk satu buah batagor dijual seharga Rp 4.000. Menu lain juga tersedia, seperti baso urat dan mie baso yamin.

Batagor H. Isan

H Isan
Image credit: instagram.com/jajananushina

Ada lagi batagor yang usianya lebih tua, yakni Batagor H. Isan. Berdiri sejak tahun 1968, batagor ini berpusat di Jalan Bojongloa No. 38. Harga yang ditawarkan pun tidak semahal batagor legendaris lainnya.

Ada beberapa cabang Batagor H. Isan di Bandung. Antara lain di Jalan Ibu Inggit Garnasih, Jalan Lodaya, Jalan Cikawao, Jalan Margacinta, Jalan M. Toha, Jalan Terusan CIbaduyut, dan Jalan Setiabudi.

Baca juga 17 Jenis Keripik Nusantara yang Perlu Kamu Ketahui

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.