Informasi

Oplas atau Operasi Plastik, Negara Mana yang Sering Melakukannya?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Belum lama ini ramai sekali diberitakan salah satu pramugari dari satu maskapai terbesar di Indonesia melakukan operasi plastik alias oplas dengan harga fantastis. Walaupun sebenarnya oplas bukan lagi hal tabu atau hal yang fantastis di Indonesia. Karena praktik oplas di Indonesia pun sudah lama dilakukan, dan peminatnya pun terbilang banyak. Namun ada juga stereotype yang seringkali terdengar kalau praktik oplas seringkali dilakukan di Korea Selatan. Bahkan ada juga beberapa orang Indonesia sembari melancong, mereka pun melakukan praktik oplas di Negeri Ginseng ini.

Tapi, tahukah kamu jika stereotype yang seringkali kamu dengar selama ini bukan tergolong 10 negara besar yang paling banyak oplas? Kaget kan? Hal ini telah diriset secara rutin oleh The International Society of Aesthetic Plastic Surgeons (ISAPS). Bahkan riset terakhir per Desember 2019 lalu menyatakan jika praktik oplas kian meningkat sebesar 5,4% lho! Riset ini pun dirilis di Hannover, Jerman.

Amerika Serikat Menjadi Negara yang Melakukan Oplas Terbanyak

Dari data yang dikeluarkan oleh ISAPS per Desember 2019 lalu, Amerika Serikat dinyatakan sebagai negara dengan praktik oplas terbanyak. Disusul dengan negara Brazil, Meksiko, dan Jerman yang ikut berada di posisi teratas setelah Amerika Serikat. Sementara di kawasan Asia, hanya terdapat dua negara yakni India dan Thailand yang bertengger di posisi 10 besar.

Tentu cukup mengejutkan jika selama ini stereotype yang terdengar dan disimak jika Korea Selatan identik dengan praktik oplasnya. Padahal, Negeri Gingseng ini bahkan tidak masuk 10 besar tersebut. Tujuan dari bedah plastik ini pun beragam, selain dari menyempurnakan bentuk tubuh sebagai tindak pemulihan dari kecelakaan. Kerap kali tindak oplas ini pun dilakukan untuk prosedur operasi kecantikan. Untuk lebih lengkapnya, berikut data yang telah dirangkum oleh pihak ISAPS per Bulan Desember 2019.

Oplas atau Operasi Plastik, Negara Mana yang Sering Melakukannya?
Hasil Riset Oplas di Berbagai Negara Per Desember 2019 – dok. ISAPS

Praktik Oplas Tidak Akan Berhasil Tanpa Ahli Bedah Operasi Plastik

Operasi pun tentu tidak akan mulus jika di negara tersebut tidak memiliki ahli bedah plastik yang handal. Walaupun daftar ISAPS telah menunjukkan 10 negara terbanyak melakukan praktik bedah plastik, bukan berarti ISAPS tidak memiliki daftar lainnya. ISAPS pun telah merangkum 30 negara terbanyak yang memiliki ahli bedah plastik.

Amerika Serikat pun masih menduduki posisi pertama dengan total 15,1% dari 100%. Disusul oleh negara Brazil, Cina, dan Jepang. Setidaknya terdapat 4 negara Asia yang menduduki peringkat 6 besar. Di antaranya terdapat Cina, Jepang, Korea Selatan, dan India. Berikut daftar selengkanya mengenai 30 besar negara yang memiliki ahli bedah plastik terbanyak.

Oplas atau Operasi Plastik, Negara Mana yang Sering Melakukannya?
Hasil Riset ISAPS Mengenai 30 Negara yang Memiliki Ahli Bedah Plastik Terbanyak – dok. ISAPS

Sekilas Mengenai Bedah Plastik

Operasi plastik atau bedah plastik sendiri merupakan tindakan kedokteran yang fokus pada rekonstruksi atau perbaikan kekurangan fungsional pada fisik. Hal tersebut bisa dikarenakan penyakit, cedera, penyakit bawaan atau pembedahan. Namun hal ini pun seringkali dilakukan di ranah kecantikan dengan tujuan memperbaiki kualitas fisik yang tidak diinginkan dari struktur tubuh sebelumnya.

Walaupun bedah plastik bertujuan untuk menyempurnakan bentuk fisik, bukan berarti hasil bedah plastik tidak terlihat. Biasanya bentuknya akan spesifik terlihat di bagian tertentu, terutama di bagian yang terkena sayatan pisau bedah. Khusus untuk ranah kecantikan, bagian yang terkena suntikan silikon atau filler tentu pada bagian kulit akan terlihat jauh lebih kencang. Terutama jika yang melakukannya berusia 40 hingga 50 tahun ke atas.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.