Seni Teknologi

Museum Van Gogh Mengajak Kita Melihat Lukisan Sang Maestro Lebih Dekat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Penutupan sejumlah tempat publik di berbagai negara untuk mengurangi penyebaran virus corona (COVID-19) masih terus dilakukan. Museum-museum yang tutup pun membuat sejumlah platform digital agar tetap dapat terhubung dengan publik. Itulah yang dilakukan oleh Museum Van Gogh di Amsterdam, Belanda, melalui Unravel Van Gogh.

Museum Van Gogh
Image source: static.ticketbar.eu

Museum Van Gogh merupakan dedikasi Belanda untuk pelukis legendaris, Vincent Van Gogh. Maestro asal Negeri Kincir Angin ini dikenal dunia lewat karya-karya lukisan post-impressionist-nya. Museum Van Gogh menampilkan karya-karyanya serta karya dari seniman-seniman sejawatnya.

Unravel Van Gogh

Museum Van Gogh
Image source: lux-mag.com

Sejak penutupan sementara untuk mencegah penularan virus corona, Museum Van Gogh mengikuti kampanye yang dilakukan oleh berbagai museum seni di seluruh dunia, yakni #MuseumFromHome. Museum ini pun mempublikasikan platform bernama Unravel Van Gogh yang dapat diakses melalui internet.

Melalui Unravel Van Gogh, kita bisa melihat detail dari karya-karya Van Gogh. Di samping itu, kita pun disuguhi cerita-cerita di balik karya-karya tersebut. Ada sekitar 65 karya yang dapat kita lihat di sini. Di antaranya merupakan karya-karya terkenal seperti The Bedroom (1888), serta beberapa lukisan self-portrait.

Cara Mengakses

Museum Van Gogh
Image source: unravel.vangogh.com

Platform Unravel Van Gogh, tersedia dalam Bahasa Inggris dan Belanda. Untuk mengaksesnya kita dapat langsung masuk ke situs Unreal Van Gogh. Kita bisa mengikuti rangkaian penjelajahan dengan memilih tombol “Start and discover”. Jika ingin langsung melihat karya per karya, kita bisa lihat pada pilihan menu dengan memilih tombol di sudut kanan atas.

Unravel Van Gogh dikemas dengan konsep yang interaktif. Di antaranya dengan menggabungkan dua image yang berbeda, seperti gambar sketsa dan hasil akhir lukisan ke dalam satu layar. Kita dapat menggerakan frame gambar tersebut agar dapat melihat perbedaannya.

Pada setiap karya, terdapat beberapa catatan singkat berupa cerita di balik karya, proses restorasi, hingga cuplikan surat semasa hidup Vincent Van Gogh. Di antaranya dihadirkan pula dalam bentuk audio yang dapat diperdengarkan. Untuk hasil yang maksimal, Unreal Van Gogh dapat dibuka melalui browser pada PC dan tablet.

Baca juga Ingin Menikmati Musik Klasik? Berliner Philharmoniker Memberi Akses Konser Digital Gratis

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.