Seni

Museum MACAN Membocorkan 4 Seniman yang Berpameran Tahun 2020

Pinterest LinkedIn Tumblr

Menginjak tahun ke-2, Museum of Modern and Contemporary Art (MACAN) tengah menyiapkan sejumlah pameran pada tahun mendatang. Sebagai museum seni modern dan kontemporer pertama di Jakarta, Museum MACAN terus memberikan akses publik kepada beragam koleksi seni dari para seniman dari dalam dan luar negeri.

Dalam akun media sosialnya, Museum MACAN mengumumkan empat seniman yang karya-karyanya akan ditampilkan dalam pameran sepanjang tahun 2020. Nama-nama tersebut adalah Melati Suryodarmo, Julian Rosefeldt, Agus Suwage, dan Chiharu Shiota. Bagaimana saja kekaryaan mereka? Simak ulasan berikut ini.

Melati Suryodarmo

Melati Suryodarmo
Image credit: melatisuryodarmo.com

Seniman pertama yang diumumkan oleh Museum MACAN adalah Melati Suryodarmo. Dengan medium performance art, Melati menjadikan tubuhnya sebagai perantara menyampaikan berbagai gagasan. Baginya, tubuh adalah wadah ingatan dan sumber gagasan.

Seniman asal Surakarta ini telah mengikuti berbagai perhelatan seni baik di Indonesia dan mancanegara. Beberapa karya pertunjukannya antara lain De Sekundentraum (1998), I Love You (2007), dan I’m a Ghost in My Own House (2012). Museum MACAN akan menampilkan pameran survei pertama yang dilakukan oleh Melati.

Julian Rosefeldt

Manifesto
Image credit: julianrosefeldt.com

Seniman sekaligus sutradara asal Jerman, Julian Rosefeldt, turun meramaikan rangkaian pameran Museum MACAN di tahun 2020. Rosefeldt melahirkan berbagai karya instalasi video dan film. Sejak tahun 1997, banyak pameran berskala internasional yang ia ikuti seperti di Athens Biennal, The Royal Academy of Arts London, serta Kunstmuseum Bonn.

Salah satu karyanya yang banyak diperbincangkan adalah Manifesto (2015). Karya ini merupakan instalasi video berskala besar yang digarap dengan menggaet aktris Australia-Amerika, Cate Blanchett. Dalam film ini, Cate tampil memukau dengan 13 peran yang berbeda.

Agus Suwage

Agus Suwage
Image credit: indoartnow.com

Selain Melati Suryodarmo, karya-karya Agus Suwage pun akan ditampilkan pada pameran survei. Seniman yang menetap di Yogyakarta ini dikenal dengan ide-ide aneh dalam sejumlah karyanya. Pada awal karirnya di dunia seni rupa, Agus Suwage banyak mengangkat tema-tema sosial. Eksplorasi material yang ia lakukan dalam proses kerkayaannya pun sangat bervariatif.

Deretan pameran tunggal dan kelompok, serta penghargaan international telah diraih oleh Agus Suwage. Di antaranya adalah Philip Morris Indonesia Art Award dan Philip Morris ASEAN Art Award.

Chiharu Shiota

Chiharu Shiota
Image credit: chiharu-shiota.com

Chiharu Shiota melengkapi empat nama seniman dalam rangkaian pameran Museum MACAN sepanjang tahun 2020. Seniman asal Jepang ini menghasilkan karya-karya instalasi dan performance art. Ia pun pernah berguru kepada maestro performance art, Marina Abramovic.

Sejumlah karya instalasi Chiharu melibatkan ruang dan material serat. Beberapa karya gigantic-nya antara lain Me Somewhere Else (2008), Where Are We Going? (2008), dan Beyond Memory (2019). Nah, siapkan dirimu untuk melihat karya-karya instalasinya tahun depan di Museum MACAN!

Baca artikel terkait Jalan-jalan Sambil Meresapi Buah Pikir Xu Bing di Museum MACAN Jakarta

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.