Kesehatan Kuliner

Mudah Marah? Konsumsi 5 Makanan ini untuk Redam Emosi Kamu!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Akhir-akhir ini kamu merasa mudah marah dan emosi sulit diredam? Kalau kamu merasa terganggu dengan hal  tersebut dan ingin mencoba menstabilkan kondisi perasaan kamu, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan. Nah, supaya kamu gak sering emosian, tim Holamigo mau bantu kamu untuk membuat suasana hati kamu lebih baik melalui informasi berikut ini. Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk membuat suasana hati kamu lebih baik dan gak gampang emosian yaitu kamu bisa mengonsumsi lima makanan ini. Apa saja?

Baca Juga:

Dark Chocolate

cokelat bisa bantu redakan emosi dan rasa marah
Image source: seriouseats.com

Sebagai penyuka cokelat, kamu pasti tahu kalau jenis makanan ini bikin ketagihan, kan? Kabar baiknya, cokelat, khususnya jenis dark chocolate, mampu membantu mengontrol emosi dan membuatmu tidak mudah marah. Hal ini dipaparkan melalui sebuah jurnal yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine. Dalam studi tersebut, diungkapkan bahwa bubuk kakao memiliki kandungan flavanol yang dapat meningkatkan komponen triptofan, yaitu pembentuk hormon serotonin. Komponen ini dapat menurunkan rasa cemas berlebih dan stres. Jadi, ketika emosi mulai memuncak dan merasa ingin marah, kunyahlah sepotong dark chocolate untuk menenangkan perasaanmu.

Baca Juga:

Kentang

olahan kentang jangan dipanaskan
Image source: unileversolutions.com

Selain karbohidrat, kentang juga mengandung vitamin B yang dipercaya dapat menurunkan stres dan tekanan darah. Vitamin B pun dapat meningkatkan kadar hormon serotonin yang dapat menimbulkan pikiran positif dan sara bahagia. Oleh karena itu, ketika kamu merasa mudah emosi dan sering marah, sebaiknya rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B seperti kentang.

Pisang

pisang untuk redakan emosi dan rasa marah
Image source: instagram.com/saudeecorpodisciplinados

Buah ini mengandung dopamin yang membantu meningkatkan suasana hati. Pisang juga mengandung magnesium yang dapat membuat mood jadi lebih baik lagi serta kandungan kalium dan vitamin B yang berfungsi untuk menenangkan pikiran dan merileksan tubuh. Bila dikonsumsi secara rutin, emosi kamu dapat diredam dengan baik dan keinginan untuk marah dapat berkurang.

Teh Hijau

teh hijau
Image source: instagram.com/tehkedaton

Ketika emosi dan rasa marah ingin mendominasi, teh hijau dapat menenangkan diri kamu lho! Minuman sehat ini mengandung L-theanine, yaitu sejenis asam amino yang meningkatkan hormon serotonin. Kandungan tersebut dipercaya dapat membuat pikiran jadi lebih tenang dan menurunkan tingkat stres. Itulah mengapa banyak orang yang mengonsumsi teh hijau, salah satunya untuk membuat pikiran menjadi rileks dan menurunkan perasaan tertekan.

Telur

telur hidangan yang bisa redam emosi dan rasa marah
Image source: instagram.com/sorrel_and_feather

Berdasarkan studi yang berjudul Tyrosine, Phenylalanine, and Catecholamine Synthesis and Function in the Brain, asupan tyrosine dan phenylalanine dapat meningkatkan hormon dopamin yang membuat suasana hati lebih baik. Dalam studi juga dipaparkan bahwa dua senyawa tersebut dapat ditemukan dalam makanan yang kaya akan protein seperti telur. Jadi, bila kamu ingin meredam rasa marah dan emosi, ada baiknya kamu lebih sering mengonsumsi telur atau bahan makanan lain dengan kandungan protein tinggi. Dengan begitu, suasana hati kamu pun tidak akan mudah memburuk.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.