Inspirasi Travel Tips

Modus Penipuan dan Tips Menghindarinya Untuk Kamu Saat Traveling

Pinterest LinkedIn Tumblr

Traveling atau pelesir menjadi salah satu kegiatan yang tepat dan efektif untuk menghilangkan penat rutinitas sehari-hari. Saat kamu memilih untuk pelesiran jauh, tentu ada beribu destinasi dengan berbagai kultur, bahasa, dan budaya yang akan asing buatmu selama pelesiran jauh. Jika kamu adalah salah satu pelancong yang baru akan memulai perjalanan jauh dari rumah – baik luar pulau maupun luar negeri. Penting bagi kamu untuk selalu waspada dengan segala kemungkinan yang akan terjadi. Karena yang namanya modus penipuan saat traveling masih marak terjadi.

Bukan tidak mungkin, namun banyak pelancong menjadi sasaran para kriminal demi keuntungannya. Sebut saja kejadian saat turis asal Jepang mengunjungi sebuah restoran di Roma, Italia untuk menikmati jamuan di sana. Sayangnya, setelah mendapat tagihan, turis tersebut malah mendapat ‘bon bodong‘ yang berisi tagihan sebesar 500 Euro atau setara dengan Rp7,7 juta. Maka untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu ketahui modus penipuan apa saja agar terhindar dari segala tindak kejahatan saat traveling.

Modus Penipuan Tarif Taksi

Modus Penipuan dan Tips Menghindarinya Untuk Kamu Saat Traveling
pixabay.com

‘mengakali’ argo taksi masih menjadi penipuan paling umum terjadi pada setiap pelancong, khususnya bagi kamu yang melancong ke luar negeri. Modus utamanya adalah mengotak-atik meteran argo dan mengatakan jika argo mengalami kerusakan. Kemudian kamu dipaksa membayar nominal yang sesuai dengan yang tertera di argo.

Namun ternyata tidak hanya itu saja modusnya. Mengutip USA Today melalui The Jakarta Post, beberapa sopir taksi dilaporkan sering melakukan modus lain. Yaitu memilih rute yang terbilang jauh dari jalur biasanya dan memilih tempat yang cukup tersembunyi untuk menagih pembayaran.

Untuk terhindar dari modus penipuan ini, kamu bisa pesan taksi dari hotel atau jemputan khusus jika kamu perlu naik taksi dari bandara. Kemudian pastikan argometer berfungsi dengan baik dan sopir tidak membawa kamu ke rute yang sangat jauh.

Modus Penipuan Paket Wisata

Modus Penipuan dan Tips Menghindarinya Untuk Kamu Saat Traveling
Pixabay.com

Bagi kamu yang baru liburan ke luar negeri , biasanya ikut tur wisata bisa jadi pilihan supaya seluruh spot destinasi bisa tercapai. Belum lagi kalau dengan tur, kamu bisa dipandu ke seluruh titik oleh tour guide. Jadi tidak perlu takut nyasar di negara orang kan? Tapi kamu juga harus waspada, tidak sedikit orang tertipu dengan paket wisata.  Bahkan di beberapa negara, korban yang tertipu dengan paket wisata bisa merugi hampir ratusan dollar.

Untuk mencegah hal tersebut, pastikan kamu memesan paket wisata atau tur di perusahaan yang terpercaya. Jangan lupa untuk selalu membaca ulasan dan tanyakan rekomendasi pilihan tur kamu.

Modus Penipuan Dengan Berpura-pura Sebagai Polisi

Modus Penipuan dan Tips Menghindarinya Untuk Kamu Saat Traveling
pixabay.com

Modus penipuan seperti ini memang umum terjadi, dan mereka akan mengincar pelancong. Penipuan ini biasanya bermotif menyidak uang palsu kepada pelancong. Biasanya polisi gadungan ini akan menghampiri kamu, kemudian menyidak apakah kamu membawa uang palsu. Kemudian polisi ini akan menggeledah tas dan dompet – untuk mengambil uang kamu.

Ada pula modus penipuan lain, yakni dengan meminta kamu untuk memperlihatkan passport atau dokumen lain, lalu meminta uang di muka. Untuk menghindari hal tersebut  tidak lain adalah – hindari memperlihatkan dokumen kamu sebelum jika kamu didekati oleh pihak kepolisian. Kamu bisa meminta pihak kepolisian untuk menunjukan identitasnya terlebih dahulu, sebelum kamu menyerahkan dokumen kamu. Atau jika motifnya adalah menduga uang palsu, kamu bisa meminta sidak tersebut di kantor polisi terdekat.

Modus Penipuan Membantu Pelancong Untuk Difoto

Modus Penipuan dan Tips Menghindarinya Untuk Kamu Saat Traveling
pixabay.com

Saat traveling jauh, tentu kamu ingin mengabadikan momen tersebut kan? Namun kamu juga perlu hati-hati jika ada yang menawari diri untuk mengambil gambar padamu. Bisa jadi itu modus penipuan, di mana relawan tersebut akan membawa kabur ponsel atau kamera kamu. Bukannya kamu mendapatkan momen terbaik, malah barang berharga kamu raib dibawa maling.

Jangan pernah minta bantuan orang untuk memotret kamu saat traveling. Jika kamu memang benar-benar butuh untuk difoto, gunakan teknik swafoto. Kamu bisa gunakan selfie-stick atau dikenal dengan tongsis, asal gunakan dengan bijak agar tidak mengganggu orang sekitar. Jika kamu masih sulit untuk melakukan hal tersebut, cukup nikmati apa yang ada dihadapan kamu. Bukankah hal terpenting dari traveling adalah menikmati setiap momen yang kamu lihat?

Hati-Hati Dengan Wi-Fi Publik Saat Traveling

Pixabay.com

Pernah mendengar jika wi-fi publik bisa membuat uang simpanan kamu di bank bisa raib dalam sekejap? Bukan tidak mungkin, namun memang kamu perlu waspada saat traveling dan menggunakan fasilitas wi-fi publik. Agar Lebih aman, pastikan untuk selalu bawa personal hotspot, atau gunakan simcard yang bisa digunakan di luar negeri. Untuk lebih lengkapnya mengenai wi-fi publik, baca di sini. 

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.