Informasi

Mengapa Harus Menyicip Street Food Saat Traveling?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pernah tidak kamu mendengar kalimat “saat traveling, kamu harus coba jajan!” atau “kamu cobain makanan di sana!”? Pasti pernah dong? Sebenarnya kalimat itu bukan hanya sekadar kalimat yang kemudian akan berlalu loh. Bahkan sudah seharusnya kamu mau coba untuk menyicip street food atau kuliner lokal di destinasi yang kamu kunjungi.

Lalu, selain harga terjangkau, apa ya yang membuat kita setidaknya harus mencoba jajan kuliner lokal di destinasi yang kita kunjungi?

Street Food Menjadi Salah Satu Warisan Kuliner yang Juga Membantu Perekonomian Lokal

Dengan Jajanan lokal, perekonomian lokal pun ikut berkembang (pixabay.com)

Mengutip YTravelblog, memang cukup riskan jika ingin menyicip street food saat harus fokus dengan masalah kebersihannya. Namun, jika kamu komitmen untuk mendekati dan mencicipi street food, kamu benar-benar perlu menghindari prinsip makan makanan ‘super bersih’.

Perlu diketahui pula jika street food di setiap daerah merupakan salah satu magnet wisata utama destinasi tersebut loh! Apalagi jajanan di setiap destinasi bisa disebut juga sebagai salah satu warisan kuliner daerah yang membantu perekonomian warga lokal.

Salah satu contoh yang dapat kamu bayangkan adalah, ketika kamu membeli beberapa macam kuliner lokal. Kamu telah membantu perekonomian lokal di daerah tersebut secara langsung. Mulai dari si penjual yang mengolah bahan baku, kemudian petani atau nelayan yang ikut andil dalam mengolah bahan baku makanan tersebut. Kebayang kan kalau kamu jalan-jalan ke berbagai destinasi, namun kamu malah makan di restauran, hotel atau franchise makanan? Warga lokal pun mungkin tidak mendapatkan uangmu secara langsung.

Dengan Mencicipi Street Food, Kenangan Kamu Dengan Destinasi Tersebut Akan Semakin Kuat

Salah satu jajanan lokal Thailand (pixabay.com)

Saat kamu mengunjungi suatu daerah dan ketika pulang, kira-kira apa yang akan kamu ingat selain destinasinya? Tentu kulinernya kan? Itulah alasan mengapa kamu perlu mencoba street food saat traveling. Karena selain destinasinya, street food adalah hal lain yang identik dari identitas suatu daerah. Memang kamu tidak perlu merasa terbebani dengan hal ini dengan mencoba segala macam jajanan. Apalagi mencoba jajanan yang terbilang pelosok seperti yang dilakukan Anthony Bourdain.

Jika kamu merasa ragu jajanan seperti apa yang bisa kamu makan, kamu bisa pilih jajanan yang proses pembuatannya bisa kamu lihat sendiri. Lebih bagus lagi jika kamu sendiri yang bisa memilih bahan bakunya, seperti beberapa tempat makan seafood yang bisa kamu pilih sendiri ikan dan bahan segar lainnya. Jika kamu tidak bisa melihat segala proses pembuatannya dan kamu ragu, sebaiknya segera angkat kaki dan cari makanan lainnya.

Dengan Makan Street Food, Kamu Mendapat Media Lain Untuk Bisa Dekat Kepada Warga Lokal

Jajanan lokal yang dapat dilihat langsung pembuatannya (pixabay.com)

Selain dari kamu mendapat makanan yang terjangkau, kamu mendapat makanan yang begitu otentik dengan daerahnya, kamu bisa act like the locals, lalu apalagi yang kamu dapatkan jika makan street food? Tentunya dengan kamu mencoba menelusuri kuliner lokal dan jajan street food, kamu memiliki media baru untuk bisa berinteraksi dengan warga lokal.

Kamu bisa jajan, duduk dan bergabung dengan warga lokal, memulai percakapan kecil membahas makanan yang kamu makan atau membahas hal lainnya. Tentu akan terasa menyenangkan dan hangat kan? Apalagi jika kamu sedang solo traveling, kamu tentu harus coba untuk jajan dan ikut melebur dengan suasana bersama warga lokal di destinasi tersebut.

Jadi, kamu sudah tahu mengapa harus coba untuk jajan selama traveling. Masih takut untuk jajan makanan khas lokal di destinasi wisata yang kamu kunjungi?

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.