Seni

Menilik Puluhan Karya Patung di NuArt Sculpture Park

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kemegahan patung Garuda Wisnu Kencana di Jimbaran, Bali, tidak lepas dari buah pikir dan kerja keras pematung ternama Indonesia, Nyoman Nuarta. Tak banyak orang yang tahu bahwa patung yang dikerjakan selama 28 tahun itu, proses pengerjaannya dilakukan di Bandung. Workshop-nya berada di NuArt Sculpture Park, di Jalan Setra Duta Kencana II No. 11.

NuArt Sculpture Park pun menjadi sebuah museum yang menampilkan karya-karya Nyoman Nuarta. Sejak dibuka di tahun 2000, publik dapat melihat puluhan karya patung yang ditampilkan di tempat ini. Untuk masuk ke dalamnya, kita perlu membeli tiket terlebih dahulu seharga Rp 50.000 untuk orang dewasa, dan Rp 25.000 untuk anak dan pelajar.

Ruang Pamer Indoor dan Outdoor

Suasanya tenang dan asri sudah terasa dari gerbang masuk. Area pamer di NuArt Sculpture Park terbagi menjadi 2 bagian, yakni indoor dan outdoor. Ketika masuk ke ruang pamer di bagian depan, kita akan disambut oleh patung Garuda Wisnu Kencana dengan skala yang lebih kecil. Di bagian dinding ruangan pun terdapat sebuah lukisan yang menggambarkan proses pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana.

Masuk ke ruang utama di bagian yang lebih dalam, kita akan disuguhi belasan karya Nyoman Nuarta dengan beragam ukuran dan material. Umumnya karya-karya yang dihasilkan menggunakan material-material logam, namun ada pula yang menggunakan material resin. Karya-karya yang ditampilkan adalah karya Nyoman Nuarta yang berasal dari tahun 1970-an hingga 2000-an. Sebuah karya figur perempuan di tengah ruangan berjudul “Nightmare” menjadi pusat perhatian pengunjung. Gesturnya sukses membangkitkan emosi bagi siapa pun yang melihatnya.

NuArt Sculpture Park
Image credit: instagram.com/nuartpartk

Beranjak ke area outdoor NuArt Sculpture Park, kita akan melihat karya-karya Nyoman Nuarta yang berukuran lebih besar. Material yang digunakan pun merupakan bahan yang tahan terhadap perubahan cuaca. Salah satu yang menjadi favorit para pengunjung adalah patung paus dan patung berbentuk hati.

Karya Nyoman Nuarta
Image credit: instagram.com/nuartpartk

Jika sudah puas berkeliling,, kita dapat bersantai sambil menikmati kudapan yang tersedia di Nesti Cafe. Kafe ini masih berada di area NuArt Sculpture Park. Selain kafe, kita pun bisa berbelanja merchandise dan buku-buku di Craft Boutique.

Selain menjadi museum yang menampilkan karya-karya Nyoman Nuarta, NuArt Sculpture Park pun memiliki sebuah galeri temporer yang dapat digunakan sebagai tempat perhelatan pameran bagi seniman-seniman lain. Di samping itu, ada pula sebuah amfiteater dan ruang audiovisual yang sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai acara kreatif lainnya.

Baca artikel terkait lainnya

Jalan-Jalan ke 3 Galeri Seni di Bandung Utara

4 Event Tahunan Seni Rupa yang Wajib Kamu Hadiri

6 Langkah Menjadi Apresiator Keren Saat Mengunjungi Pameran Seni

1.500 Karya Seni Dihadirkan di Art Expo Malaysia 2019

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.