Inspirasi Kesehatan

Mengusir Kantuk Untuk Kamu yang Sulit Bangun Siang Hari

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ketika kamu sudah mencukupi waktu tidur, tidak menutup kemungkinan jika siang hari kamu akan terserang kantuk yang luar biasa. Biasanya, energi kamu sudah terkuras habis karena stress saat perjalanan ke kantor atau rapat. Hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor mengantuk di tengah hari. Hanya saja, tidak semua orang dapat mengambil opsi minum kopi sebagai cara ampuh mengusir kantuk.

Untungnya, melansir National Geographic Indonesia, banyak cara yang dapat kamu terapkan jika ingin mengusir kantuk tanpa kopi.

Alihkan Pandangan Kamu dari Monitor Komputer

Bagi para pekerja kantor, menatap monitor komputer dalam waktu lama menjadi makanan sehari-hari. Namun, tahukah kamu jika menatap monitor komputer dalam waktu lama dapat memberi dampak buruk bagi mata. Hal ini pun terjadi pada 95% penduduk Amerika Serikat yang memiliki resiko mengalami gangguan pada mata. Terlebih bagi mereka-mereka yang bekerja kantoran.

Efek yang dirasa jika mengalami sindrom gangguan mata diantaranya mata iritasi, kering, tegang, hingga rabun. Selain itu dapat menimbulkan rasa sakit kepala, leher, dan punggung. Penanggulangan yang tepat untuk menghindari dampak buruk ini diantaranya batasi menatap monitor komputer dengan alihkan pandangan setiap 20 menit, sering berkedip, dan yang pasti benarkan posisi duduk.

Mengonsumsi Camilan

Mengonsumsi porsi kecil makanan serta kaya nutrisi adalah opsi lain untuk mendapatkan manfaatnya. Selain itu dengan mengonsumsi porsi makanan kecil pun dapat meningkatkan konsentrasi dan tetap berenergi. Pasalnya kadar gula rendah membuat tubuh menjadi lesu dan tidak fokus.

Begitu juga dengan mengonsumsi makanan terlalu banyak, karena proses pencernaan membutuhkan energi. Mengonsumsi makanan manis dan kopi pun hanya memberikan energi sementara. Sarapan kaya akan serat pun dapat memberikan energi tanpa membikin mengantuk.

Mengonsumsi Air Mineral

Dehidrasi adalah faktor jahat penguras energi, karena efek yang ditimbulkan diantaranya kelelahan, kehilangan fokus, pingsan, hingga palpitasi jantung. Hal tersebut dikarenakan 60% tubuh manusia didominasi air. Air berperan sebagai aliran darah untuk melengkapi nutrisi seperti oksigen dan karbohidrat ke seluruh tubuh, termasuk otak. Tufts University meneliti jika seseorang dinyatakan dehidrasi ringan jika kandungan air dalam tubuhnya berkurang 1-2%, berkaitan dengan kelelahan dan tidak fokus.

Mulai Beranjak Dari Kursi

Terdapat studi mengungkapkan bahwa orang-orang yang berolahraga ringan saat mengantuk dapat menjadi solusi untuk mengurangi rasa lelah dan mengembalikan energi. Bergerak walaupun sedikit pun membuat hormon endorfin mengalir. Neurotransmiter pun membantu meringankan stres dan kelelahan.

Mendengarkan Musik Favoritmu

Tidak bisa dipungkiri jika musik adalah alternatif bagi yang sering mengantuk. Studi tahun 2011 menyatakan bahwa orang-orang yang mendengarkan musik selama 15 menit, zat dopamin – yakni zat kimia pemberi rasa senang di otak – pada pendengar akan meningkat seiring dengan kegiatan mendengarkan musik tersebut.

Lagu kesukaan pun dapat mengaktifkan senyawa lainnya seperti zat serotonin dan oksitosin. Selain itu, dengan mendengarkan musik, pendengarnya dapat lebih terjaga dan fokus.

Kunyah Permen Karet

Mengunyah pun merupakan sebagian kecil dari gerakan yang kamu lakukan untuk mengaktifkan wilayah otak. Dengan mengunyah permen karet, kamu pun akan terjaga dan mengurangi rasa kantuk di siang hari. Selain membuat kamu terjaga, mengunyah permen karet pun membuat seseorang lebih berkonsentrasi, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan pemahaman membaca.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.