Kuliner

Mengenal 5 Nasi Goreng Versi Negara Lain

Pinterest LinkedIn Tumblr

Nasi goreng dikenal sebagai salah satu kuliner populer Indonesia yang berhasil menarik minat dunia. Di beberapa negara, harga jual makanan dengan cita rasa Indonesia bisa lebih dari Rp.100.000. Karena rasanya yang sangat lezat ditambah bisa dicampur dengan bahan tambahan apapun, tidak aneh bila popularitas kuliner khas Indonesia ini bisa sampai ke luar negeri. Tapi sebenarnya negara lain pun memiliki versinya sendiri lho! Berikut contohnya:

Baca juga: Kuliner Indonesia dengan Nilai Jual Fantastis di Luar Negeri

Kimchi Bokkeumbap

nasi goreng kimchi khas korea
Image credit: @1579quick

Yang pertama adalah nasi goreng versi Korea Selatan. Disebut kimchi bokkeumbap karena campurannya berupa kimchi atau acar khas Korea yang dipadukan dengan gochujang (pasta cabai), dan bawang bombay yang ditumis. Setelah matang, biasanya masyarakat lokal akan menambahkan telur mata sapi, keju, rumput laut, atau wijen.

Hokkien Fried Rice

Image credit: @atataya

Hokkien fried rice merupakan olahan nasi goreng berbalut bumbu khas Cina dan biasanya tersedia di restoran-restoran Cina. Dibandingkan dengan versi Indonesia yang lebih kering, hokkien fried rice lebih lembek karena disiram dengan saus kental yang berisi udang.

Paella

image credit: @javimusic99

Nasi goreng versi Spanyol ini merupakan nasi yang dicampur dengan aneka seafood atau makanan laut yang melimpah. Warna nasi yang merah terang dan ukuran seafood yang besar-besar membuat paella memiliki daya tarik yang pastinya akan menggugah selera makan. Hidangan ini dinamai paella karena  diolah dan disajikan di atas panci logam datar yang besar. Paella sendiri berarti panci logam dalam bahasa lokal.

Chitranna

Image credit: @k_sreejit_nair

Nasi goreng yang banyak ditemukan di wilayah India Selatan ini bisa menjadi salah satu menu diet sehat karena kandungan minyaknya yang sedikit. Selain itu, bahan campurannya pun memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti sayuran dan sari lemon. Biasanya Chitranna dimasak bersama dengan bubuk kari, cabai, bawang, dan mustard.

Pattaya Fried Rice

image credit: @kualihelena

Memang sih namanya pattaya Fried Rice, tapi sebenarnya nasi goreng ini berasal dari Malaysia, bukan Thailand. Dari segi pengolahan, caranya hampir sama dengan nasi versi Indonesia. Yang membedakan hanya cara penyajiannya saja. Pattaya fired rice terlihat seperti omelet yang berisi nasi karena disajikan dengan balutan telur dada yang diberi saus di atasnya.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.