Kuliner

Mengenal 4 Tempat Makan Es Krim Legendaris di Indonesia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapa sih yang tidak suka makan es krim? Es krim menjadi kudapan favorit banyak orang di berbagai belahan dunia. Bahkan tidak jarang suatu negara menghadirkan rasa khas dari makanan ini. Nah kalau kamu suka es krim, kamu perlu mengunjungi tempat penjual es krim legendaris yang populer di Indonesia berikut ini!

Toko Oen

salah satu tempat makan es krim legendaris
Image source: @bonirompas

Toko Oen merupakan gerai es krim tertua di Indonesia. Didirikan sekitar tahun 1910, awalnya lokasi toko ini berada di Yogyakarta sebelum akhirnya pindah ke Semarang dan membuka cabang di Malang. Dulu Toko Oen  menjadi tempat berkumpulnya para sosialita bangsawan dan meneer. Tempat makan es krim ini dikenal memiliki rasa es krim yang lembut dan otentik. Pelayannya pun selalu mengenakan pakaian khas tempo dulu dengan gaya yang klasik. Toko Oen bukan hanya menyajikan es krim saja lho! Kamu juga bisa memesan menu khas Indonesia, Barat, dan oriental.

Jika kamu ingin mengunjungi Toko Oen, datang saja ke Jalan Pemuda No.52, Bangunharjo, Semarang. Kalau kamu di Malang, kamu bisa datang ke Jalan Jendral Basuki Rahmat No.5, Kauman.

Es Krim Tentrem

Image source: @henymete_cooking

Es Krim Tentrem berlokasi di Solo, Jawa Tengah, tepatnya di Jalan Slamet Riyadi, perempatan Pasar Ngarsopuro. Gerai ini sudah ada sejak tahun 1952. Di sini kamu bisa makan es krim yang terbuat dari bahan-bahan alami dan berkualitas. Ada banana split, es krim rasa tutti frutti (rasa aneka buah), es krim pelangi, Mr. Clown, dan tempeng sari. Untuk satu porsi es krim, kamu hanya perlu membayar Rp. 10.000 saja.

Tip Top

Image source: @vinnaa9696

Tip Top berlokasi di Jalan Jend. Ahmad Yani No. 92, Medan Barat, Sumatera Utara dan sudah eksis sejak tahun 1934. Gerai ini menyediakan sajian es krim ala zaman Belanda yang rasanya klasik dan unik. Resep yang digunakan pun turun temurun. Kamu bisa memesan es krim dengan rasa yang klasik seperti cokelat, vanilla, dan tutti frutti atau es krim khas Belanda seperti Moorkop, Donauwellen Ice, dan Ysaart. Pokoknya, kamu akan merasa seperti berada di Medan era 30-an saat makan es krim di gerai legendaris nan populer ini.

Ragusa

Image source: @dineandgo

Tempat makan es krim legendaris yang satu ini memiliki atmosfer Italia yang klasik. Tempatnya berlokasi di Jalan Veteran I No. 10, Gambir, Jakarta Pusat. Ragusa yang berdiri tahun 1932 mendiami bangunan dengan arsitektur khas zaman dulu. Pendirinya adalah dua warga Italia yang dulunya berjualan es krim di Jalan Naripan, Bandung. Mereka pun  akhirnya memutuskan membuka gerai di Pasar Gambir. Rasa es krim yang ditawarkan tidak kalah klasiknya dengan atmosfer tempatnya. Selain itu, menu es krim yang ditawarkan cukup beragam, diantaranya banana split, es krim spaghetti, tutti frutti, durian, nougat, vanilla, mocca, cokelat, dsb.

Avatar
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.