Bali Seni dan Budaya

Mengenal 4 Larangan Untuk Umat Hindu Selama Hari Nyepi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tidak seperti perayaan tahun baru Masehi yang begitu meriah, umat Hindu merayakan tahun baru Saka diawali dengan cara menyepi. Setiap Hari Raya Nyepi, tidak ada aktivitas yang biasaya dilakukan sehari-hari. Semua umat Hindu berdiam diri di dalam rumahnya masing-masing.

Tujuan dari menyepi adalah untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia) dan Bhuana Agung (alam semesta). Suasana sepi begitu terasa jika kita berada di Bali, yang mayoritas masyarakatnya memeluk agama Hindu. Semua ruang publik dan fasilitas umum (kecuali rumah sakit) diliburkan.

Dalam proses catur brata penyepian, ada 4 larangan yang wajib dipatuhi oleh umat Hindu. Ada apa saja? Simak rangkuman berikut ini.

Amati Gani

Hari Nyepi
Image credit: alain01789 (flickr.com)

Salah satu larangan dalam proses nyepi adalah tidak menyalakan api, atau amati gani. Meski bukan berarti api sungguhan, namun benda lain yang mengeluarkan cahaya tidak boleh dinyalakan. Di antaranya lampu, televisi, ponsel, rokok, kompor, dan lainnya.

Jika tidak diperbolehkan menyalakan kompor, tentu ketika nyepi tidak boleh memasak dan makan. Kewajiban ini dimaknai sebagai cara meredam sifat-sifat negatif api, seperti nafsu dan amarah.

Amati Karya

Hari Nyepi
Image credit: Juanma (flickr.com)

Tujuan nyepi adalah untuk memurnikan diri dari hal-hal duniawi, termasuk dengan kegiatan sehari-hari seperti profesi. Maka di hari ini, umat Hindu diwajibkan untuk tidak melakukan aktivitas keseharian.

Amati karya bertujuan untuk rehat sejenak dan merenung atas segala hal yang telah dilakukan. Seperti proses introspeksi diri, waktu nyepi adalah saatnya menimbang-nimbang perilaku yang baik dan buruk agar dapat mengambil sikap untuk hari yang akan datang.

Amati Lelungan

Hari Nyepi
Image credit: Adam Cohn (flickr.com)

Ketika nyepi, umat Hindu tidak melakukan aktivitas bepergian. Amati lelungan adalah tindakan tidak pergi dan diam di rumah untuk melakukan tapa atau yoga. Tujuannya agar dapat memusatkan pikiran dan mengurangi hal-hal keduniawian.

Amati Lelanguan

Salah satu sifat alamiah manusia adalah memenuhi keinginan atau kepuasan pribadi. Dalam proses catur brata penyepian, ada kewajiban amati lelanguan yakni meredam keinginan inderawi dan kepuasan tersebut. Proses ini tidak berwujud nyata, melainkan dilakukan dengan hati. Tujuannya untuk menahan hawa nafsu dan kepuasan.

Baca juga 5 Kuliner Ini Wajib Disajikan Saat Hari Raya Nyepi

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.