Kesehatan Kuliner

Mengatasi Jerawat dengan 5 Minuman Sehat Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mengatasi jerawat tidak melulu perlu mendatangi dokter kulit atau menggunakan produk skincare tertentu. Dengan memperhatikan apa yang kamu konsumsi pun bisa membantu kamu untuk mengatasi masalah jerawat. Contohnya dengan mengkonsumsi 5 minuman sehat berikut ini kamu bisa mengatasi sekaligus mencegah jerawat muncul:

Teh Kunyit

teh kunyit bisa membantu mengatasi jerawat
Image source: @bloominglotustea

Menurut ilmu kesehatan kuno India, kunyit seringkali digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kunyit sendiri memiliki senyawa yang disebut kurkumin. Senyawa ini dianggap sebagai komponen antioksidan, antijamur, anti-inflamasi, dan antivirus. Tidak heran bila kunyit dianggap mampu mengatasi jerawat. Caranya, kamu hanya perlu mengonsumsi kunyit bersama air hangat atau campuran teh secara rutin.

Air Hangat

Image source: @glass_of_water_daily

Siapa sangka ternyata minuman sederhana seperti air hangat dapat mengatasi jerawat? Selain menghidrasi tubuh, air hangat juga dapat mendorong proses detoksifikasi untuk mengeluarkan racun penyebab jerawat. Selain itu, minuman ini dapat membantu melancarkan pencernaan serta memperbaiki sel kulit dan mengembalikan elastisitasnya. Jadi, pastikan minum air hangat secara rutin tiap harinya, terutama bagi kamu yang bermasalah dengan jerawat.

Teh Hijau

Image source: @tehkedaton

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau mampu mencegah dan mengatasi jerawat. Dalam teh hijau juga terdapat antibakteri yang bisa melawan bakteri penyebab jerawat. Dalam secangkir teh hijau, ada komponen epigallocatechin gallate (EGCG) yang bermanfaat untuk mengurangi jumlah produksi minyak berlebih atau sebum pada kulit. Dengan begitu, jerawat pun tidak akan mudah timbul di wajah bila kamu terbiasa mengonsumsi teh hijau.

Oat Milk

Image source: @plant.fueled.mama

Oat milk atau susu oat memiliki serat yang tinggi dan bebas dari protein laktosa sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap laktosa (lactose intolerant). Susu oat juga mengandung asam folat dan vitamin E yang bermanfaat untuk menutrisi kulit serta beta glukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Oleh karena itu, minuman ini cocok bagi kamu yang ingin mengatasi jerawat. Dengan meningkatnya sistem imun dan kesehatan kulit yang terjaga,kamu pun akan terhindar dari bakteri penyebab masalah jerawat.

Kefir

Image source: @the.last.cookies

Kefir mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Lantas apa hubungannya pencernaan dengan masalah jerawat? Salah satu penyebab timbulnya jerawat yaitu karena sistem pencernaan yang terganggu, jadi minuman yang mengandung probiotik seperti kefir tentunya dapat membasmi jerawat yang membandel. Selain probiotik, kefir juga mengandung laktoferrin yang dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi atau bekas luka akibat jerawat. Menurut jurnal Nutrition yang diterbitkan tahun 2011, jumlah bekas jerawat pada responden berkurang sebanyak 39% setelah mengonsumsi kefir dengan kandungan 200 mg laktoferrin secara rutin.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.