Inspirasi Travel Tips

Hilang Paspor Jangan Bikin Kamu Panik! Lakukan Hal Berikut Segera

Pinterest LinkedIn Tumblr

Traveling ke luar negeri memang seru ya, apalagi untuk kamu yang suka dengan hal baru. Menyusuri belahan dunia yang belum pernah kamu sentuh pasti jadi hal yang paling menyenangkan. Tapi dengan serunya pelesir ke tanah yang jauh dari Indonesia tentu sebanding dengan ribetnya mengurus kepentingan yang bersifat administratif. Paspor menjadi salah satu wild card kamu untuk bisa pelesir dengan aman dan nyaman ke luar negeri. Jadi jangan sampai wild card kamu alias paspor kamu hilang selama bepergian ke luar negeri.

Tentu banyak yang mengalami hilang paspor, bahkan tidak sedikit yang mengalami panik berlebihan saat paspor pelancong hilang saat pelesir. Untuk itu, wajib sekali untuk kamu bisa mengatasi hilang paspor dan mengendalikan rasa panik. Setidaknya kamu bisa lakukan beberapa hal ini untuk bisa mengatasi hal ini agar pelesiran kamu tetap nyaman tanpa hambatan apapun.

Jaga Diri Untuk Tidak Panik dan Telusur Kembali Perjalanan Sebelumnya

Hilang Paspor Jangan Bikin Kamu Panik! Lakukan Hal Berikut Segera
Tenang dan telusuri perjalanan sebelumnya saat memegang paspor – unsplash.com

Wajar kalau kamu menyadari hilangnya paspor saat traveling, reaksi pertama adalah panik. Namun jangan sampai panik menguasai kamu dan menarik perhatian orang lain. Cobalah untuk lebih tenang agar rasa panik kamu tidak dimanfaatkan oleh orang yang mencari keuntungan di saat kamu sedang kesulitan. Bersikap lebih tenang dan fokus untuk mencari paspor kamu di mulai dari telusuri perjalanan awal kamu hingga kamu mulai sadar hilangnya barang ini.

Coba Bertanya ke Security atau Kepolisian Setempat

Hilang Paspor Jangan Bikin Kamu Panik! Lakukan Hal Berikut Segera
Minta bantuan security atau kepolisian untuk menemukan paspor – pixabay.com

Saat usaha kamu di awal nihil, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada security terdekat atau k bagian informasi. Kamu juga bisa mencarinya dengan menghubungi kepolisian terdekat agar seseorang yang menemukan paspor kamu dapat segera dikembalikan kepada pihak berwajib terdekat. Saat kamu melaporkan kehilangan, usahakan untuk tetap tenang dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti sehingga seluruh penjelasan kamu tidak menimbulkan spekulasi lain atau kecurigaan. Tentu kamu tidak mau sial kan setelah kehilangan paspor? Jadi kamu harus tetap tenang saat mencari paspor.

Jika Pencarian Selanjutnya Masih Tidak Berjalan Mulus, Datangi KBRI

Hilang Paspor Jangan Bikin Kamu Panik! Lakukan Hal Berikut Segera
KBRI bisa menjadi solusi saat paspor hilang – wikimedia.org

Mencari paspor kesana-kemari memang membutuhkan waktu dan kesabaran ekstra, jika memang kamu sudah tidak yakin untuk menemukan paspor hilang. Sebaiknya kamu segera menyambangi KBRI di negara tersebut. Setelah kamu menyambangi KBRI, kamu dapat menyampaikan keluhan kamu perihal kehilangan paspor kepada pihak terkait. Setelahnya kamu bisa membuat SPLP atau Surat Perjalanan Laksana Paspor. Dengan kamu sudah menyambangi KBRI, kamu tetap dapat diupayakan supaya perjalanan kamu tetap aman walaupun paspor kamu hilang.

Mengambil Foto Isi Paspor Bisa Menjadi Upaya Pencegahan Paspor Hilang

Hilang Paspor Jangan Bikin Kamu Panik! Lakukan Hal Berikut Segera
Foto isi paspor untuk pencegahan – pixabay.com

Paspor kamu berisi banyak data diri yang berguna untuk memenuhi seluruh kebutuhan administrasi saat pelesir. Untuk meminimalisir masalah yang ada jika paspor kamu hilang, kamu bisa foto seluruh isi paspor kamu pada smartphone kamu. Upaya tersebut guna mencegah adanya masalah hilang paspor atau situasi genting lainnya. Kalau rasanya cukup merepotkan dan kamu lebih merasa aman dengan membawa hardcopy paspor kamu. Bisa juga kamu fotocopy isi paspor kamu untuk upaya lain kalau kamu mengalami hilang paspor.

Setelah Sampai ke Tanah Air, Segera Urus Paspor Baru

Segera urus paspor setelah kembali ke rumah – buset-online.com

Memang mengurus paspor tidak sesulit yang dibayangkan, tapi jangan sampai kamu menyepelekannya. Sesaat kamu hilang paspor, sebaiknya segera urus paspor baru setelah kamu kembali ke Tanah Air. Agar kamu tidak lagi menunda-nunda urusan paspor saat kamu akan pelesir lagi ke luar negeri.

Setelah kamu sudah mendapatkan paspor kembali, upayakan pencegahan untuk menghindari kesalahan yang sama. Letakan paspor di tempat yang aman dan mudah dijangkau. Kamu juga bisa letakan paspor yang tidak luput dari pandangan mata. Kamu bisa gunakan tempat paspor dengan warna mencolok, atau kamu bisa cari spot yang tepat pada tas kamu agar tidak lupa meletakannya.

Perlu diingat jika tips ini adalah cara kamu mengatasi masalah hilang paspor. Namun sebaiknya kamu lebih waspada lagi saat membawa paspor ke mana pun kamu pergi, serta hindari meletakan paspor sembarangan. Supaya kamu tidak lagi repot karena hilang paspor.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.