Kesehatan Kuliner

Mengapa Ubi Bermanfaat untuk Menurunkan Berat Badan?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak orang yang mencari metode atau cara ampuh untuk menurunkan berat badan atau berdiet sehat, dari mulai olahraga yang tepat sampai hidangan yang sebaiknya dikonsumsi. Salah satu makanan yang dianjurkan dalam program tersebut ialah ubi.  Manfaat ubi sangatlah beragam untuk kesehatan tubuh, khususnya bagi kamu yang tengah menjalankan program diet atau penurunan berat badan.  Lantas mengapa ubi bermanfaat untuk diet kamu? Berikut ini alasannya!

Kaya Serat

ubi sumber serat tinggi
Image source: japancentre.com

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition tahun 2019, asupan serat pangan, salah satunya yang terdapat pada ubi, dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan disiplin seseorang saat berdiet. Ubi diketahui memiliki serat pangan yang tinggi. Kandungan serat tersebut nantinya akan membentuk semacam gel di dalam perut sehingga akan membuat kamu kenyang lebih lama. Selain kaya akan serat, ubi juga dapat membantu mengurangi kadar hormon lapar, menstabilkan gula darah, dan memperlambat proses pencernaan.

Mengandung Banyak Air

Image source: @cassmarie_fit

Alasan lain mengapa ubi perlu dikonsumsi saat program diet atau menurunkan berat badan ialah karena kadar airnya yang tinggi. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, metabolisme tubuh pun akan berjalan dengan baik sehingga membantu proses pembakaran lemak. Kadar air dalam ubi juga dapat mencegah timbunan lemak di tubuh, mengeluarkan racun dalam tubuh, dan menyeimbangkan kadar pH. Kamu pun akan kenyang lebih lama karena kandungan air yang banyak dan kamu konsumsi melalui ubi.

Rendah Kalori

ubi rendah kalori
Image source: health.com

Mengonsumsi makanan rendah kalori tentunya dapat membantu menurunkan berat badan. Tidak heran bila ubi disarankan untuk dimakan saat diet karena kadar kalorinya yang rendah. Dalam ubi 120 gram yang dikonsumsi, terdapat 112 kalori. Bahkan, hanya dengan menyantap dua potong saja, kamu akan kenyang lebih cepat tanpa mengonsumsi kalori berlebih.

Mengandung Karbohidrat Baik

manfaat ubi untuk menurunkan berat badan
Image source: @midnight.bagel.thief

Meskipun kamu dalam program diet atau ingin menurunkan berat badan, bukan berarti kamu harus menghindari karbohidrat. Karbohidrat menjadi asupan harian penting untuk tubuh, hanya saja pilihlah karbohidrat kompleks atau karbohidrat baik agar lebih lama dicerna sehingga kamu akan kenyang lebih lama. Selain itu, jenis karbohidrat ini akan mengurangi risiko naiknya gula darah. Contoh karbohidrat baik terdapat pada ubi. 328 gram ubi yang ditumbuk mengandung total karbohidrat 58 gram dan 8,2 gram di antaranya merupakan karbohidrat baik atau kompleks.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.