Kesehatan Kuliner

Mengapa sih Popcorn Dianggap Sebagai Camilan Sehat Saat Diet?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Popcorn atau dikenal juga dengan jangung berondong menjadi salah satu camilan favorit banyak orang di dunia. Bahkan banyak bioskop yang menjual camilan ini karena memang cocok dikonsumsi sebagai teman nonton film. Bahkan camilan ini pun sering dikonsumsi saat seseorang tengah menjalankan program diet atau penurunan berat badan. Lantas, mengapa jagung berondong dianggap sebagai camilan yang tepat dikonsumsi terutama saat diet? Berikut ini alasannya!

Baca Juga:

Cepat Merasa Kenyang

popcorn camilan sehat saat diet
Image source: @eatableinc

Karena bahan dasarnya adalah jagung yang berserat tinggi, maka tak heran bila popcorn pun memiliki kandungan yang serupa. Jika kamu mengonsumsi ini sebagai camilan, maka kamu pun akan merasa kenyang lebih lama. Jadi, bila kamu lapar sebelum jam makan berat, konsumsi saja jagung berondong untuk mengganjal perutmu. Tetapi ingat ya jangan terlalu banyak menggunakan garam dan mentega dalam proses pengolahannya.

Kandungan Polifenol yang Tinggi

Image source: @le_bonheur_est_dans_la_cuisine

Jurnal Antioxidants merilis sebuah penelitian yang mengungkap  bahwa popcorn mengandung polifenol, sejenis zat kimia yang sering ditemukan dalam tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan. Zat ini juga berperan sebagai antioksidan sekaligus anti-inflamasi. Meskipun begitu, kandungan polifenol dalam jangung berondong lebih tinggi dari buah atau sayuran, yakni sekitar 300 mg per mangkuk saji. Sedangkan polifenol dalam sayur hanya 213 mg dan buah sebanyak 255 mg per mangkuk saji.

Rendah Kalori

jagung berondong
Image source: @ianhecht

Salah satu alasan mengapa popcorn dianggap sebagai camilan diet yang baik adalah karena kandungan kalorinya yang rendah. Dalam setiap 100 gram kudapan ini terdapat 30 kalori saja. Jenis jagung berondong yang rendah kalori tentu saja dapat kamu konsumsi sebagai camilan bila tengah menjalankan program diet.

Menurunkan Risiko Kanker

Kamu sudah tahu kan bahwa popcorn memiliki kandungan polifenol yang tinggi? Nah ternyata kandungan tersebut juga memiliki manfaat lain, yaitu menurunkan risiko kanker. Polifenol dikenal sebagai zat yang bisa mencegah enzim pemicu sel kanker untuk tumbuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung polifenol sangat dianjurkan oleh American Institute for Cancer Research (AICR). Karena jagung berondong mengandung zat tersebut, maka kamu bisa mengonsumsinya sebagai camilan sehatmu.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.