Inspirasi Mode

Mencuci Celana Jeans Agar Tidak Cepat Pudar

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jeans menjadi celana paling favorit bagi para traveler. Selain bahannya yang tahan lama juga kuat, celana jeans pun semakin termakan usia, pemakaiannya lebih nyaman. Terlebih, banyaknya model dari celana jeans yang cocok dipadukan dengan berbagai jenis pakaian. Membuat sebagian orang merasa cukup membawa satu jenis jeans untuk traveling dalam waktu lama.

Walaupun bahan celana ini terhitung kuat, namun perlu diperhatikan juga cara mencucinya. Pasalnya, cara mencuci jeans akan memengaruhi kualitas bahannya. Belum lagi, bahan jeans saat dicuci akan berat seketika dan melelahkan jika dicuci dengan tangan. Dilema yang dihadapi selain mencuci dengan tangan adalah ketika mesin cuci menjadi alternatif mencuci celana jeans. Walau mencuci dengan mesin cuci cenderung lebih praktis, namun jeans yang sering dicuci dengan mesin cuci dapat merusak kainnya.

Untuk mengatasi masalah ini, melansir dailymail.uk, kamu perlu untuk tahu bagaimana cara yang tepat untuk mencuci celana jeans tanpa merusak kualitas bahan pada celana.

Cek Kembali Suhu Air yang Dianjurkan Pada Label Jeans

Label Instruksi Mencuci (wikimedia.org)

Saat mencuci jeans, kamu perlu periksa suhu air yang dianjurkan. Karena suhu air yang terlalu tinggi membuat warna asli jeans memudar atau luntur. Namun jika di celana kamu tidak ada label khusus perawatan, cukup cuci jeans kamu dengan air dingin.

Balikkan Bagian Dalam Jeans ke Luar

Opsi lain jika kamu khawatir celana kesayanganmu pudar atau luntur, kamu bisa membalik bagian dalam celana. Lalu pasang kancing dan rapatkan resleting sebelum mencuci, baik menggunakan tangan atau dengan mesin cuci. Cara ini pun memang dipercaya dapat mencegah cepatnya warna jeans memudar. Memasangkan kancing dan resleting sebelum mencuci pun dapat mencegah celana jeans tersangkut di mesin cuci.

Khusus untuk jeans berwarna hitam, kamu bisa mencucinya dengan air dingin dan cuka putih terlebih dahulu. Kemudian jeans yang sudah dicuci dengan cuka bisa dicuci menggunakan detergent biasa. Hal tersebut dapat mempertahankan warna hitam pada jeans.

Jangan Menggosok Terlalu Kencang Saat Mencuci Dengan Tangan

Ilustrasi Sikat Untuk Mencuci (pixabay.com)

Jika kamu mencuci celana jeans dengan tangan, jangan menggosokan celana terlalu keras karena akan memengaruhi kualitas bahan. Bila perlu, pilih detergent yang cocok dengan jeans yaitu jenis detergent bubuk dengan bulir lembut yang diformulasi untuk mencerahkan warna. Sehingga warna jeans tetap terjaga.

Perhatikan Cara Mengeringkan Jeans

Ilustrasi Menjemur Jeans (unsplash.com)

Hindari mengeringkannya dalam keadaan benar-benar kering di mesin pengering, karena celana jeans dapat menyusut saat dikeringkan menggunakan mesin pengering. Sebaiknya biarkan celana dijemur langsung di udara terbuka saat selesai dicuci.

Perhatikan Cara Penyimpanan Jeans

Ilustrasi Jeans yang Dilipat (unsplash.com)

Sebagian orang mungkin sering menyimpan jeans dengan cara melipat. Sayangnya, melipatnya berkali-kali membuat warna bagian lipatan jeans menjadi pudar. Kamu bisa menggantung celana kesayangan kamu dengan gantungan atau dengan hanger.

Umumnya, jeans akan sedikit menyusut setelah dicuci, namun ukurannya akan menyesuaikan dengan ukuran aslinya setelah digunakan berkali-kali. Jika kamu memiliki jeans baru, sebaiknya tidak dicuci setidaknya enam bulan pertama, agar warnanya tidak memudar. Namun, jika kamu terbiasa untuk mencuci pakaian baru sebelum dikenakan, kamu bisa mengikuti tata cara mencucinya pada label yang tertera di celana, agar warna jeans kesayanganmu tidak cepat memudar.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.