Asal-usul Destinasi

Melihat ke Dalam Museum Pegadaian di Kota Sukabumi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapa sangka ternyata Sukabumi menyimpan banyak cerita sejarah yang menarik untuk digali. Di daerah yang berada Jawa Barat ini terdapat museum-museum dengan koleksi menarik. Salah satunya adalah Museum Pegadaian yang berlokasi Gedung Pegadaian Sukabumi Jalan Pelabuhan II No. 119.

Dari luar, museum ini tampak seperti sebuah rumah tua. Memang karena bangunannya menggunakan bekas rumah dinas kepala pegadaian. Hampir seluruh bagian bangunannya, seperti dinding, ornamen, dan lantainya, masih mempertahankan keasliannya.

Menjelajahi Isi Museum

Museum Pegadaian
Bangunan museum | Image credit: tedbudiyansyah.tumblr.com

Begitu memasuki ke bagian dalam Museum Pegadaian, suasana nostalgia begitu terasa di bangunan rumah ini. Pada beberapa bagian dinding terpajang potret-potret lama kantor pegadaian yang berwarna hitam-putih.

Masuk lebih dalam ke bagian ruangan lain, kita akan melihat berbagai barang-barang lama yang pernah digadaikan. Ada pula barang-barang inventaris kantor lama pegadaian seperti meja, kursi, timbangan perhiasan, alat hitung, brankas, dan masih banyak lagi.

Ada salah satu koleksi museum yang menarik, yakni sebuah dinding dengan berbagai potongan kain batik. Dahulu kain-kain batik tersebut dijadikan jaminan sebagai pembanding penaksir dalam proses pegadaian.

Peninggalan Masa Hindia Belanda

Aktivitas pegadaian telah berlangsung sejak masa Hindia Belanda. Dulu ada sebuah lembaga bernama Bank Van Leening yang menawarkan kredit dengan sistem gadai. Setelah ada kebijakan baru, aktivitas pegadaian kemudian diambil alih oleh pemerintah. Lalu didirikanlah Pandhuis atau Pegadaian Negara pertama yang berada di Sukabumi pada 1 April 1901.

Untuk mengenalkan sejarah pegadaian ini, maka pada tanggal 1 April 2010 dibuatlah Museum Pegadaian di lokasi yang sama dengan Pandhuis. Benda-benda peninggalan kantor pegadaian dari masa Hindia Belanda ditampilkan di museum ini. Artefak tersebut berasal dari kantor-kantor pegadaian di berbagai daerah seperti Bantul, Yogyakarta, Purwokerto, Temanggung, dan lainnya.

Museum Pegadaian
Salah satu ruangan Museum Pegadaian | Image credit: tedbudiyansyah.tumblr.com

Saat ini, Museum Pegadaian tergolong sepi, namun bagi kamu para pecinta sejarah dan barang-barang antik, museum ini sangat cocok menjadi destinasi wisata sejarah. Museum ini buka setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Jika kamu ingin melakukan kunjungan di akhir pekan, harus ada perjanjian terlebih dahulu dengan pihak museum.

Nah, itu dia selayang pandang mengendai Museum Pegadaian di Kota Sukabumi. Selamat menjelajahi museum!

Baca juga Kenali Kebudayaan Yogyakarta di 5 Museum Ini

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.