Seni dan Budaya Teknologi

Mau Lihat Isi Museum Nasional dari Rumah? Lewat Virtual Tour Aja!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Aktivitas ruang publik dihentikan sementara untuk mengurangi penyebaran virus corona (COVID-19). Sejumlah museum pun ditutup untuk mendukung upaya ini. Meski begitu, banyak museum yang membuat platform berupa virtual tour yang dapat diakses dengan internet. Salah satu yang memiliki fitur ini adalah Museum Nasional atau Museum Gajah.

Berlokasi di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Museum Nasional menyimpan berbagai koleksi dari bidang arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi. Pendirian museum ini berawal dari pengumpulan koleksi sejak tahun 1778.

Ada banyak benda kuno yang dihadirkan di museum ini. Seluruhnya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Di antaranya ada koleksi arca, prasasti, dan barang-barang lainnya. Koleksi di museum ini jumlahnya mencapati lebih dari 140.000 buah.

Virtual Tour Museum Nasional

Virtual Tour Museum Nasional
Image source: museumnasional.indonesiaheritage.org

Untuk dapat menjelajahi Museum Nasional di masa lockdown ini, kita bisa mengaksesnya melalui situs Museum Nasional. Begitu masuk ke dalam situs tersebut, kita akan langsung disambut dengan pemandangan luar gedung museum dengan monumen patung gajah yang ikonik di bagian depannya. Tampilan laman ini berupa foto yang dapat diputar 360 derajat.

Dalam situs vitual tour ini tersaji beberapa menu, di antaranya denah museum, objek koleksi Museum Nasional, serta pilihan beberapa spot bagian dalam museum. Kita pun bisa memulai penjelajahan dengan memilih panah berwarna biru yang terdapat di bagian tengah tampilan.

Bagian-Bagian Museum

Virtual Tour
Image source: museumnasional.indonesiaheritage.org

Museum Nasional memiliki dua buah gedung utama. Yang pertama adalah Gedung Gajah, dan yang kedua adalah Gedung Arca. Di dalam Gedung Gajah, terdapat beberapa ruang pameran koleksi, yakni koleksi yang meliputi sejarah, etnografi, geografi, pra-sejarah, arkeologi, dan numismatik/heraldik dan keramik asing.

Masih di Gedung Gajah, terdapat sebuah taman di bagian tengah gedung yang menampilkan koleksi-koleksi arca. Di samping taman ini terdapat pula ruangan yang menampilkan koleksi tekstil, terakota, serta keramik. Pada bagian belakang gedung terdapat ruang pra-sejarah yang menampilkan artefak-artefak kuno. Salah satu yang populer di ruangan ini adalah koleksi nekara.

Museum Nasional
Image source: museumnasional.indonesiaheritage.org

Bergeser ke Gedung Arca, di sini terdapat empat lantai dengan pembagian koleksi yang berbeda-beda. Di lantai 1, tersaji pengetahuan mengenai sejarah manusia dan lingkungan. Naik ke lantai 2, terdapat beragam koleksi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, ekonomi, dan teknologi. Kemudian di lantai 3 terdapat koleksi yang berhubungan dengan organisiasi sosial dan pola pemukiman manusia. Dan terakhir di lantai 4, tersaji koleksi keramik asing dan emas.

Jika kamu kesulitan untuk menuju ruangan-ruangan tersebut, cukup dengan membuka menu di bagian kanan atas. Pada menu ini terdapat pembagian 6 spot utama museum. Setelah dipilih, tetap harus mengikuti panah biru untuk melihat isi ruangan koleksi.

Baca juga Mengintip Lukisan-Lukisan Karya Sang Maestro di Museum Basoeki Abdullah

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.