Internasional Travel Tips

Mau Liburan Ke Korea Utara? Ketahui Dulu Peraturannya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mendengar Korea Utara, orang sepertinya langsung akan teringat akan pemimpin mereka, Kim Jong Un. Tapi, pernahkah kamu terpikir untuk liburan ke Korea Utara? Beruntungnya orang Indonesia, kita bisa mengunjungi Korea Utara karena kita memiliki hubungan diplomatik dengan negara tetangga Korea Selatan tersebut. Jika kamu tertarik untuk liburan ke negara Kim Jong Un ini, ada beberapa peraturan yang harus kamu perhatikan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Harus Memakai Jasa Agen Tur resmi dari Pemerintah

korea utara
Instagram @thatsquidlyguy

Tak sebebas ke Korea Selatan, kalau kamu mau ke Korut kamu harus mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah negara tersebut. Salah satu dari peraturan untuk liburan ke negara Kim Jong Un yaitu kamu harus menggunakan jasa agen tur yang sudah ditunjuk oleh pemerintah. Kamu harus daftar di agen-agen yang membuka paket wisata ke negara tersebut. Salah satu agen tersebut adalah Korea Konsult.

 Pengajuan Visa Turis

liburan
Instagram @waxonwaxoffdanielsan

Berbeda dari negara lain, kalau kamu akan mengajukan visa untuk ke Korut untuk liburan, kamu hanya bisa melakukannya berbarengan dengan pemesanan paket wisata lengkap dengan pemandu, hotel, paket makan juga biaya perjalanan. Untuk Korea Konsult, mereka akan mengurus visa dari calon wisatawan yang memiliki hubungan diplomatic dengan negara tersebut.

“Haram”Bicara Soal Agama dan Politik

korea utara
Instagram @innumbers0

Ingat ya, ke Korea Utara meskipun untuk liburan tak sebebas ke negara lain. Jadi hati-hati dengan pembicaraanmu ketika sudah sampai di sana. Tak hanya membicarakan, bahkan mempraktikannya di ruang publik merupakan hal yang terlarang, contohnya berdoa.

Harus Menggunakan Maskapai Korea Utara

liburan
Instagram @charlieboy747

Untuk bisa sampai di negara tetangga Korea Selatan ini, ada dua pilihan transportasi, kereta api dan pesawat terbang. Untuk pesawat tak bisa menggunakan sembarang maskapai penerbangan hanya Air Koryo Khusus untuk negara Amerika Serikat dan Israel, mereka hanya boleh menggunakan pesawat terbang Air Koryo dan wajib transit di Beijing.

Tidak Boleh Asal “Jepret”

korea utara
Instagram @matt_travels_alot

Korut memperbolehkan wisatawan untuk memotret tapi tak sembarang “jepret”. Kamu tak boleh ambil foto orang berjalan. Yang boleh difoto hanya patung, itu pun harus lengkap. Sebelum kamu pulang  dari liburanmu, kameramu akan dicek terlebih dahulu.

“Diharamkan” Memakai Won Korea Utara

liburan
Instagram @completeintel

Aneh kedengarannya tapi itu peraturan yang ditetapkan oleh negara tersebut. Kamu dilarang transaksi menggunakan won Korut saat liburan di sana. Pakailah dolar Amerika Serikat, won Korea Selatan, Yuan atau Euro.

Jangan Bilang Korea Utara

korea utara
Instagram @etribune

Ini mungkin sedikit janggal tapi kamu dilarang menggunakan Korea Utara untuk menyebut negara tersebut. Gunakan nama “Republik Demokratik Rakyat Korea” atau DPRK.

No Handphone, No Internet

Instagram @duniaponsel.lombok

Jangan harap kamu bisa bebas menggunakan HP dan Internet di Korut saat liburan. Telepon genggammu akan disita untuk sementara waktu. Untuk berselancar, kamu hanya boleh mengunakan layanan dari pemerintah Korut.

Baca juga:

Traveling ke Pulau Pasumpahan, Surga Tersembunyi di Padang

Berwisata Kuliner di Myeong-Dong, Korea Selatan

Liburan ke Korea Utara mungkin terdengar banyak aturan tapi jika kamu suka tantangan, mungkin negara ini cocok buatmu.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.