Seni

Masukan 3 Art Space di Magelang Ini dalam Daftar Liburmu!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jika sedang berlibur ke Magelang, tak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa art space yang ada di kota ini. Art space selalu menyajikan berbagai macam karya seni yang unik dan menginspirasi. Holamigo merangkum tiga art space di Magelang yang wajib untuk kamu kunjungi.

Syang Art Space

Art Space Magelang
Art Space di Magelang, Syang Art Space | Image credit: syangart.com

Salah satu art space yang berada di Kota Magelang adalah Syang Art Space. Didirikan oleh seorang kolektor bernama L. Ridwan Muljosudarmo sejak tahun 2009, Galeri ini menjadi wadah untuk karya-karya seni rupa kontemporer di Indonesia. Lokasinya berada di Jalan MT Haryono No. 2.

Pada awalnya, Syang Art Space hanya menampilkan karya-karya koleksi L. Ridwan Muljosudarmo. Seriring berjalannya waktu, tempat ini dikembangkan sebagai galeri yang menampilkan berbagai pameran temporer dari para seniman muda Indonesia.

Selain pameran, Syang Art Space pun membuka berbagai program lagi seperti lokakarya, penerbitan buku, dan proyek desain. Untuk masuk ke dalamnya, tidak dikenakan tiket masuk. Galeri ini buka mulai pukul 09.30 hingga 16.00.

Langgeng Gallery

Art Space Magelang
Art Space di Magelang, Langgeng Gallery | Image credit: coba-cobagonzo.org

Terletak di Jalan Cempaka No. 88, Langgen Gallery berdiri sejak tahun 2002. Lokasinya berada di depan Taman Wisata Kyai Langgeng. Jika dilihat sekilas dari luar, galeri ini tampak seperti rumah biasa. Suasananya yang begitu asri akan membuat kita betah untuk berlama-lama di sini.

Area galeri di bagian dalam terletak di lantai dasar. Struktur bangunannya cukup unik karena terdapat empat pilar kayu pada bangian tengah ruang utamanya. Pada sekeliling dindingnya terpajang berbagai karya lukis karya para seniman kontemporer Indonesia.

Jika sudah puas berkeliling galeri, kita bisa beristirahat di sisi taman sambil menikmati suasana sekeliling. Taman tersebut merupakan penghubung antara bangunan galeri dan tempat tinggal.

Museum Oei Hong Djien

Art Space Magelang Museum Oei Hong Djien
Art Space di Magelang, Museum Oei Hong Djien | Image credit: instagram.com/ohdmuseum_magelang

Sebagai seorang kolektor kondang Indonesia, Oei Hong Djien tentu mendirikan sebuah art space yang dapat menyimpan berbagai karya koleksinya. Bangunan yang terletak di Jalan Jenggolo No. 14 tersebut kemudian dibuka untuk umum sebagai sebuah museum pribadi.

Dari bagian luar bangunan Museum Oei Hong Djien, tampak sebuah relief besar karya Entang Wiharso yang menyambut setiap pengunjung yang datang. Untuk masuk ke dalamnya, kita perlu membelik tiket masuk seharga Rp 50.000 untuk dewasa dan Rp 25.000 untuk pelajar.

Sebagian besar karya yang ditampilkan museum ini merupakan karya-karya lukis. Namun ada pula beberapa karya patung dan instalasi yang ditampilkan.

Museum Oei Hong Djien pun menjadi salah satu tujuan para peneliti seni rupa untuk melakukan riset terkait karya-karya seni rupa Indonesia yang dimiliki Oei Hong Djien. Tak jarang para praktisi seni mancanegara pun turut mengunjungi museum ini.

Baca juga Menikmati Ragam Karya Seni di Selasar Sunaryo Art Space

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.