Destinasi Event Seni dan Budaya

Masih Jomblo Di Hari Valentine 2020? Ikut Saja Tradisi Cari Jodoh Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

 

Sebentar lagi banyak orang yang bersukacita menyambut hari kasih sayang. Tapi bagaimana nasib kaum jomblo? Jika kamu masih jomblo di hari Valentine 2020, mungkin kamu harus mengikuti tradisi cari jodoh dari berbagai daerah di Indonesia ini.

Tradisi Kabuenga, Wakatobi

tradisi cari jodoh jomblo bahagia
Jualan di acara [email protected]_han

Saat acara Kabuenga ini, para wanita yang masih belum memiliki pasangan akan menjajakan makanan dan minuman di sebuah lapang terbuka. Para pria akan mendatangi para penjaja makanan dan minuman ini.

Dari hanya bicara tentang produk yang di jual, sang pembeli dan penjual diharapkan dapat berbincang sambil saling mengenal. Jika mereka merasa ada kecocokan, acara ini bisa berlanjut ke prosesi lamaran.

Tradisi Tarian Emaida Yibu, Papua

ritual mencari jodoh
Tarian cari jodoh suku Mee-detiknet.id

Suku Mee di Papua biasa melakukan tarian Emaida Yibu sebagai tradisi untuk mencari jodoh. Karena Emaida Yibu berarti “menari di rumah adat”, mereka menampilkan tarian ini di rumah tradisional yang mereka bangun dari kayu dan bambu sambil mencoba menarik perhatian lawan jenis.

Gredoan, Banyuwangi

Atraksi saat Gredoan-indonesia.go.id

Menjelang peringatan Maulud Nabi, warga Banyuwangi yang masih jomblo (berlaku bukan hanya perjaka dan perawan saja, duda dan janda juga bisa ikutan) akan mengikuti tradisi Gredoan. Makna gredoan sendiri berarti menggoda.

Sebelum acara pengajian, pria lajang akan mendatangi rumah wanita pujaannya. Ia akan menyelipkan sebatang lidi ke dinding rumah yang terbuat dari bilik. Jika sang wanita menolak, ia akan mematahkan lidi tersebut.

Tapi jika diterima, sang wanita akan melipat lidi membentuk daun waru. Kemudian mereka bisa berbincang-bincang dan saling melemparkan rayuan. Tapi mereka harus melakukannya dengan dibatasi gedhek atau dinding bambu. Warga lainnya bisa menikmati tradisi ini dengan menonton berbagai pertunjukkan seni dan atraksi unik.

Tradisi Barempuk, Sumbawa

Barempuk untuk cari jodoh-bidikankamera.com

Ritual mencari jodoh yang satu ini mungkin cocok buat kamu yang senang mengadu adrenalin. Dalam tradisi Barempuk, para pria akan berkumpul untuk saling adu jotos. Mereka melakukannya untuk menarik perhatian para wanita yang menonton.

Walau sempat dilarang, Barempuk mulai digalakkan kembali untuk memupuk budaya tradisional. Mudah-mudahan saja, para pria yang ikut serta dalam acara ini tidak melanjutkan pertarungan mereka di luar acara.

1 2
Mario
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.