Destinasi Indonesia Jawa

Liburan Seru ke Bukit Sikunir di Dataran Tinggi Dieng, Yuk!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dataran Tinggi Dieng merupakan destinasi wisata Dieng yang sangat terkenal. Yang menjadi objek pilihan banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara salah satunya adalah Bukit Sikunir. Bukit ini merupakan salah satu objek wisata yang menjadi wisata andalan. Pengunjung yang datang tak hanya para pendaki saja, wisatawan umum pun banyak. Mereka umumnya mengejar pemandangan matahari terbit. Selain itu, masih ada objek wisata menarik di dataran ini. Penasaran seindah objek-objek wisata di dataran tinggi ini? Jangan lewatkan ulasan dari Holamigo berikut.

Bukit Sikunir

Bukit sikunir, Wisata dieng, dataran tinggi dieng
Instagram @za_inst

Mengapa tempat ini begitu banyak dikunjungi wisatawan? Mereka yang datang ke sini tertarik dengan pemandangan matahari terbitnya yang dikenal dengan Golden Sunrise Sikunir yang katanya sangat fenomenal. Pemandangan ini bisa disaksikan dari atas Puncak Sikunir. Selain, sunrise, pemandangan lain yang juga bisa dinikmati oleh para pengunjung di wisata Dieng ini adalah deretan gunung-gunung yang gagah berdiri. Tak hanya itu. Masih ada lagi sajian pemandangan lainnya, yaitu Telaga Cebong dan rumah-rumah penduduk yang tertutup selimut kabut tipis.

Telaga Cebong

Bukit sikunir, Wisata dieng, dataran tinggi dieng
Flickr.com/Diza Abdulloh

Berada di Desa Sembungan, sebuah desa yang terletak di daerah tertinggi, Telaga Cebong adalah sebuah telaga yang terbentuk dari bekas kawah purba. Dulu telaga yang berada di Dataran Tinggi Dieng ini memiliki luas sampai 18 ha, tapi sekarang luasnya semakin berkurang jadi hanya sekitar 12 ha. Telaga yang bisa terlihat dari Bukit Sikunir memiliki bentuk yang mirip dengan berudu atau cebong. Dari situlah mungkin nama Telaga Cebong berasal. Selain sebagai objek wisata Dieng, Telaga Cebong juga menjadi tumpuan petani untuk pengairan sawah mereka.

Telaga Warna

Bukit sikunir, Wisata dieng, dataran tinggi dieng
Flickr.com/ied sabilla

Wisata Dieng dengan datarang tinggi Diengnya memiliki objek wisata yang menarik, yaitu Telaga Warna. Telaga ini airnya berubah-ubah sewaktu-waktu. Terkadang airnya berubah hijau, ungu, kuning bahkan pelangi. Ini dikarenakan kandungan sulfur di air danau ini yang cukup tinggi. Saat sinar matahari mengenai air berkadar sulfur tinggi, warna yang terpantul akan bervariasi. Objek wisata di Dataran Tinggi Dieng ini memiliki suasana mistis karena tertutup kabut putih disertai pepohonan tinggi yang rindang yang mengelilingi danau. Telaga yang juga berada di kawasan yang sama dengan Bukit Sikunir ini masih alami disertai kesejukan udara khas dataran tinggi membuat pengunjung nyaman dan betah berada di sini.

Kawah Sikidang

Instagram @najah0508

Berada di Desa Dieng Kulon, kawah yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Apa yang membuatnya unik? Percaya tidak, kalau kawah utamanya berpindah-pindah letaknya. Itulah sebabnya mengapa kawah yang menjadi objek wisata Dieng ini diberi nama Sikidang. Nama itu berasal dari kata kijang atau kidang. Kijang atau kidang suka melompat-lompat ke sana ke mari, maka perpindahan itu diibaratkan seperti sifat hewan tersebut.  Begitu masuk ke kawasan kawah, akan tampak beberapa lubang besar lengkap dengan asapnya. Di masa lalu, lubang-lubang ini merupakan kawah utama.

Candi Arjuna

Flickr.com/tian yake

Tak hanya bukit, wisata Dieng dengan Dataran Tinggi Diengnya juga mempunyai kawasan candi yang cukup luas yang bernama Kompleks Candi Arjuna. Luas areanya sekitar 90 ha. Sebagian kecil dari kompleks candi ini sudah mengalami restorasi. Ada lima bangunan candi yang berada di kompleks ini, yaitu Candi Arjuna, Srikandi, Semar, Puntadewa, dan Sembadra. Empat dari kelima candi ini, kecuali Candi Semar, adalah candi utama dan merupakan tempat untuk bersembahyang. Pengaruh India masih terlihat di candi  Arjuna, yang berada di kawasan yang tak jauh dari Bukit Kunir. Penemu candi ini adalah Theodorf Van Elf. Dia seorang tentara Belanda. Penemuan ini terjadi pada abad ke-18.

Baca juga:

Kawah Ijen, Objek Wisata Banyuwangi yang Menantang Juga Menawan

Curug Malela, Objek Wisata Alam Bandung Barat yang Menawan

Menyapa Bukit Menoreh di Kalibiru dan Waduk Sermo di Kulon Progo

Berlibur ke Dataran Tinggi Dieng yang merupakan objek wisata Dieng pasti seru jika kamu datang bersama teman-teman. Selain menikmati Bukit Sikunir, kamu juga bisa menikmati beberpa tempat wisata lainnya di sini. Ayo, ajak teman-temanmu untuk ikut berlibur ke sini.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.