Destinasi Indonesia Seni dan Budaya Sumatera

Liburan ke Museum Kata Andrea Hirata di Belitung

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ketika mendengar Belitung, kita akan langsung membayangkan pantai-pantai dengan pasir putih dan air yang jernih. Panorama alamnya menjadi magnet untuk dikunjungi ketika berlibur. Selain karena kekayaan alamnya, Belitung pun menjadi begitu populer melalui novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Penulis asal Belitung tersebut menggambarkan suasana kampung halamannya di dalam karya-karya novelnya. Kemahiran Andrea Hirata dalam merangkai kata tersebutlah yang menginspirasi pendirian Museum Kata di Belitung.

Laskar Pelangi
Image credit: Adheb (flickr.com)

Jika berkunjung ke Belitung, kamu wajib untuk mampir ke Museum Kata. Letaknya berada di daerah Gantong, Belitung Timur. Museum ini berupa bangunan rumah sederhana yang dicat dengan warna-warna cerah yang beragam. Ketika masuk ke dalam, terdapat banyak foto, artikel dan barang lainnya yang terpajang di dinding-dinding kayu. Semua koleksi yang dihadirkan di sini merupakan barang-barang yang berhubungan dengan Laskar Pelangi.

Laskar Pelangi
Image credit: Adheb (flickr.com)

Pada satu dinding di Museum Kata, terdapat susunan buku-buku karya Andrea Hirata. Di antaranya terdapat beberapa versi cetakan novel Laskar Pelangi dari berbagai negara dalam beragam bahasa. Tak jauh dari susunan buku, kita akan melihat berbagai potongan artikel dari media cetak dari dalam dan luar negeri. Artikel-artikel tersebut berisi cerita-cerita seputar Andrea Hirata dan Laskar Pelangi.

Mengintip Ruang Ikal

Bergeser ke ruangannya lainnya, kita akan menemukan barang-barang yang dikonsep sesuai dengan tokoh-tokoh dalam cerita Laskar Pelangi. Seperti Ruang Ikal, Ruang Lintang, dan Ruang Mahar. Di setiap ruang tersebut, ditampilkan pula potongan-potongan cerita para tokoh, foto, dan artefak lainnya.

Selain menyajikan hal-hal tentang Laskar Pelangi, di Museum Kata juga kita bisa melihat koleksi-koleksi lainnya milik Andrea Hirata. Di antaranya terdapat lukisan-lukisan, dan foto-foto. Selain itu, ada pula ruangan yang menyuguhkan informasi terkait dengan kawasan Belitung Timur. Di sini pun disediakan surat atau kartu pos yang dapat kita isi sendiri dan dikirimkan ke berbagai tempat baik di dalam mau pun luar negeri. Di bagian halaman belakang Museum Kata, terdapat sebuah kedai bernama Warung Kopi Kuli. Kedai sederhana tersebut menyajikan kopi khas Belitung.

Laskar Pelangi
Image credit: Toemis Sawie (flickr.com)

Museum Kata buka setiap hari, mulai pukul 10.00 hingga 17.00. Sebelum masuk, kita harus membeli tiket seharga Rp 50.000. Akses menuju museum ini dapat ditempuh dari pusat kota menggunakan bus, taksi, atau angkutan umum selama sekitar 1 jam.

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.