Kuliner

Konsumsi 4 Makanan Ini Agar Kamu Bisa Redakan Stres

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyaknya tekanan yang dihadapi tentunya akan membuat siapapun menjadi tertekan dan mengalami stres. Perasaan seperti ini akan membuat siapapun tak nyaman dan merusak suasana hati, kan? Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan perasaan tertekan, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Ada makanan yang dipercaya dapat menurunkan tekanan, contohnya empat makanan berikut ini:

Baca Juga:

Kacang Kenari

kacang kenari bisa membantu redakan stres
Image source: @jajanan_turki

Jenis kacang ini kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kinerja otak. Selain itu, banyak penelitian yang mengungkap bahwa asam lemak dapat juga berperan sebagai penetralisir gejala depresi. Sebenarnya, selain kacang kenari, kamu juga bisa mengonsumsi hidangan lain yang dapat menurunkan perasaan tertekan. Asalkan makanan tersebut mengandung omega-3 seperti sayuran hijau, ikan, dan minyak canola.

Brokoli

makanan pereda stres
Image source: @asophieacker

Sayuran hijau seperti brokoli memiliki asam folat yang bisa menjadikan pikiranmu lebih rileks sekaligus mengatasi masalah mudah panik, khususnya yang dialami oleh orang dengan masalah depresi  berat. Asam folat juga bermanfaat untuk meminimalisir gejala stres sebagai pemicu masalah depresi. Oleh karena itu, pastikan kamu mengonsumsi brokoli agar mood kamu menjadi lebih stabil.

Tomat

redakan stres dengan konsumsi tomat
Image sources: @mygardeningstories

Selain kaya akan vitamin untuk kesehatan tubuh, tomat juga mengandung asam lipoat dan asam folat yang membantu mengatasi gejala depresi. Hal ini didukung oleh penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Pshychiatry and Neuroscience yang mengungkap bahwa kekurangan asam folat dalam tubuh menjadi salah satu masalah yang diderita pasien depresi. Banyak juga jurnal yang mengungkap bahwa asam folat dapat menetralisir hormon homosistein yang menjadi pemicu darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Sebaliknya, asam folat dapat meningkatkan produksi hormon pemicu rasa bahagia seperti dopamin dan serotonin sehingga suasana hati lebih stabil.

Greek Yoghurt

Image source: @morvarid_rze

Memiliki nama lain yoghurt Yunani, jenis yoghurt ini mengandung kalsium yang lebih tinggi dibanding yoghurt biasa. Dengan sering mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, otak kamu akan melepas hormon pemicu perasaan gembira dan membuatmu merasa lebih baik. Sebaliknya, jika kamu tidak memenuhi asupan kalsium yang dianjurkan, maka kamu akan mudah stres, marah, dan sulit fokus.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.