Informasi

Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Saat Liburan ke Hawaii

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi kamu yang senang liburan pantai, tentu Hawaii menjadi salah satu bucket list kamu untuk liburan pantai. Namun ternyata, tidak semua tahu jika Hawaii memiliki beberapa aturan yang sebaiknya para pelancong tahu. Biarpun faktanya memang setiap negara yang dikunjungi tentu memiliki aturan yang berbeda-beda. Jadi, wajar saja jika para pelancong sering membuat kesalahan atau melanggar aturan dan etika yang krusial terhadap warga lokal.

Mengutip CNN Indonesia, berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan pelancong saat berkunjung ke Hawaii.

Menggunakan Sunscreen

needpix.com

Tidak salah menggunakan sunscreen dilarang? Sunscreen memang membantu untuk melindungi kulitmu dari UVA dan UVB, serta mencegah kulitmu terbakar. Hanya saja, menggunakan sunscreen sebelum menyelam ke pantai cantik di Hawaii tentu melanggar hukum setempat. Pasalnya, sunscreen mengandung oxybenzone dan octinoxate yang dapat merusak terumbu karang dan biota laut.

Maka, jika kamu akan menyelam tanpa menggunakan sunscreen, kamu bisa mengenakan baju menyelam panjang. Kamu juga bisa mengenakan pakaian panjang dan topi jika hanya akan bermain air tanpa perlu menyelam. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sunscreen banned bagi laut, bisa lihat di sini

Menyentuh Terumbu Karang atau Biota Laut

unsplash.com

Penduduk Hawaii sangat kompak dan memiliki kesadaran sangat tinggi untuk melindungi terumbu karang dan biota laut. Sayangnya, banyak wisatawan yang masih melanggar aturan dilarang menyentuh terumbu karang maupun biota laut. Pasalnya, terumbu karang begitu sensitif dengan sentuhan tubuh manusia.

Tubuh manusia memiliki residu reaksi kimia yang akan berdampak negatif bagi terumbu karang. Sedikit saja terumbu karang tersentuh oleh manusia, terumbu karang akan teracuni. Maka jangan sekali-kali kamu mencoba menyentuh terumbu karang ataupun biota laut saat menyelam atau snorkeling ya!

Mendaki Gunung Tanpa Ditemani Warga Lokal

Jangan pernah sekali-kali mendaki gunung tanpa didampingi oleh warga setempat. Karena seringkali ditemukan wisatawan mendaki gunung di Hawaii tanpa ditemani oleh warga setempat. Hal ini tentu beresiko, karena mungkin saja wisatawan tidak tahu bagaimana medan atau bahaya yang mengintai di gunung yang akan didaki tersebut.

Selain itu, resiko yang mengintai lainnya, wisatawan akan sulit ditemukan jika terjadi sesuatu seperti tersesat, sulit menemukan jalan keluar, dan lain sebagainya.

Membawa Pasir Hitam dan Batu Gunung

Akan ada pemandangan unik jika bertandang ke Volcanoes National Park, Big Island yaitu dari pasir dan bebatuannya. Tidak jarang pula pelancong terkesima melihatnya dan membawa pulang pasir dan bebatuannya.

Namun, tahukah kamu jika membawa kedua barang tersebut merupakan tindakan ilegal di Hawaii? Hingga saat ini, ditemukan seribu batu dan kantong berisi pasir yang ‘dicuri’ wisatawan dari Taman Nasional yang pada akhirnya terpaksa harus dikembalikan lagi ke tempatnya semula.

Kurang Sopan di Jalan

Untuk yang satu ini jangan sampai kamu salah satunya ya! Pasalnya seringkali ditemukan pelancong yang ‘lupa’ bilang terima kasih atau sekadar senyum ramah saat jalan-jalan di Hawaii. Ada pula kasus dimana pelancong menumpangi mobil, dan turun di tempat tujuan tanpa mengucapkan sepatah katapun.

Tidak mencicipi Makanan Lokal

Memang tidak lengkap rasanya jika pelesiran tanpa mencicipi makanan khas daerahnya. Terlebih, dengan kita sebagai wisatawan mencicipi makanan khas daerahnya, kita telah mendukung perekonomian lokal pula. Jika kamu berkesempatan berkunjung ke Hawaii, kamu perlu mencoba kopi Kona, Shave Ice, Poke, Spam atau Malasadas.

 

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.