Kuliner

Kenalan dengan 5 Jenis Selada Berikut Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr

Selada atau Lactuca Sativa merupakan sayuran berdaun hijau bertekstur renyah dan sering dijadikan lalapan saat menyantap ayam goreng/bakar, bebek goreng, dsb. Sayuran hijau ini pun enak disantap dengan sambal. Tapi, tahukah kamu bahwa sayuran ini memiliki jenis yang berbeda? Yuk kita berkenalan dengan jenis-jenisnya!

Romaine

jenis selada ini disebut romaine
Image source: @sunproduce

Selada berjenis romaine memiliki daun besar berwarna hijau dengan tekstur yang renyah. Romaine juga memiliki urat daun yang besar-besar dan rasa yang cukup manis. Berdasarkan US Department of Agriculture, jenis ini memiliki nutrisi yang tinggi dan mengandung beragam vitamin, seperti vitamin K, A, dan sumber folat. Kandungan nutrisi dalam romaine berperan sebagai antioksidan untuk menjaga kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan mata serta kulit. Romaine juga biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan Caesar salad.

Leaf Lettuce

leaf lettuce, jenis selada populer di Indonesia
Image source: @miurayou819

Leaf lettuce kaya akan vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan beta karoten sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mata kamu. Leaf lettuce dikenal juga dengan sebutan daun selada dan memiliki bentuk yang tidak teratur. Teksturnya renyah sehingga banyak dijadikan sebagai pelengkap sandwich atau salad.

Stem Lettuce

image source: @cowboy_killlas

Stem lettuce ini biasanya digunakan dalam masakan Cina makanya sayuran hijau ini terkadang disebut sebagai selada Cina. Daunnya ramping sedangkan tangkainya panjang. Bagian tangkainya diambil untuk dimasak menjadi tumisan atau dimakan mentah sedangkan daunnya yang terasa pahit dibuang karena mengandung lateks yang cukup tinggi.

Crisphead Lettuce

Image source: @naturesfreshgreece

Menurut US Department of Agriculture, crisphead lettuce atau lebih dikenal sebagai selada bokor dianggap mengandung folat yang dapat membantu menangkal cacat tabung saraf. Sayuran hijau ini juga dipercaya dapat menurunkan risiko terkena jenis kanker tertentu dan penyakit jantung. Selain itu, terdapat vitamin K yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membentuk tulang.  Crisphead lettuce salah satu yang paling populer di Indonesia dan memiliki rasa yang cukup manis. Bentuknya mirip kol meskipun keduanya adalah varietas yang tidak sama.

Butterhead Lettuce

Image source: @dive_wave

Butterhead lettuce atau selada kepala. Memiliki bentuk bulat yang menyerupai kelopak sebagai ciri khasnya. Rasanya terbilang manis dan ringan sehingga cocok dijadikan sebagai tambahan dalam sandwich atau digunakan sebagai dressing.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.