Inspirasi Travel Tips

Ke Pameran Seni? Jangan Sampai Kamu Melakukan Hal Berikut Ya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat ini sudah banyak pameran seni yang di adakan di berbagai kota. Bahkan tidak sedikit anak muda hingga orang tua ikut mengapresiasi berbagai pameran seni. Bagi yang sudah terbiasa mengunjungi pameran seni, mungkin sudah terbiasa dengan berbagai aturannya. Sebenarnya di beberapa acara seni akan ada aturan tertulis agar acara pameran berjalan dengan tertib dan khidmat. Tapi tahukah kamu jika mengunjungi pameran seni ada beberapa aturan dan etika tidak tertulis yang sebaiknya kamu taati?

Menurut Founder and Fair Director Art Moments Jakarta (AMJ) 2020 – Leo Silitonga, umumnya etika saat mengunjungi pameran seni adalah dilarang menyentuh lukisan. Selain itu tidak melakukan swafoto atau selfie dekat karya seni dan membawa backpack/tas besar.

Terdengar sepele kan? Tapi hal ini bukan tanpa sebab, lho! Tiga etika ini walau sepele, sebaiknya tidak kamu lakukan saat mengunjungi pameran seni. Begini alasannya

Alasan Mengapa Tidak Boleh Menyentuh Karya Seni atau Lukisan

etika saat datang ke pameran seni
pixabay.com

Dengan memilih meluangkan waktu dengan mengunjungi pameran seni, berarti kamu akan menyaksikan berbagai karya seni menawan untuk memanjakan matamu. Dengan begitu, kamu cukup menikmati pameran seni dengan melihat – tanpa menyentuhnya.

Leo mengatakan jika karya seni baik itu lukisan atau sejenisnya mungkin saja rentan dengan sentuhan. Maka jika tersenggol atau tersentuh, ada kemungkinan karya seni tersebut rusak. Kamu mungkin saja bisa menyentuh karya tersebut jika ada imbauan membolehkan, atau karya tersebut adalah karya interaktif – yakni mengajak pengunjung untuk menikmati karyanya dengan menyentuhnya.

Alasan Mengapa Dilarang Swafoto Atau Selfie Terlalu Dekat Dengan Karya Seni

etika saat datang ke pameran seni
pixabay.com

Walau terkesan klise, tapi percaya atau tidak – masih banyak lho yang datang ke pameran seni untuk ‘photo hunting’ atau menjadikannya spot selfie cantik. Bukan tidak boleh, sah-sah saja jika memang ingin selfie di pameran seni. Namun sebaiknya kamu jaga jarak saat mengambil foto, ya! Leo mengatakan jika selfie terlalu dekat dengan karya beresiko adanya kecelakaan seperti menyenggol karya seni. Untuk poin satu ini benar-benar perlu dicamkan karena resikonya cukup tinggi – menyebabkan rusak dan terjatuhnya barang-barang atau karya seni.

Lagipula, daripada kamu ke pameran seni untuk berfoto, kenapa kamu tidak coba datang ke pameran seni dan mengobrol dengan orang sekitar? Kamu bisa mengobrol dengan sesama pengunjung mengenai setiap karya yang dipamerkan. Kamu juga bisa melihat karya dengan seksama, mencari cerita dibalik kisah karya tersebut. Jika seniman karya tersebut hadir di pameran, jangan ragu untuk bertanya dengan senimannya. Jadi, kunjunganmu ke pameran seni tidak sia-sia, malah pengetahuan kamu semakin bertambah!

Alasan Mengapa Dilarang Menggunakan Backpack Atau Tas Terlalu Besar

etika saat datang ke pameran seni
needpix.com

Lagi-lagi, walaupun sepele tapi jangan sampai kamu langgar yang satu ini. Bukan tanpa alasan, pameran seni biasanya memiliki konsep acara santai sekaligus tenang saat pengunjung melihat karya yang ditampilkan. Kebayang kan kalau kamu tiba-tiba datang dengan backpack super besar dan menutupi setiap lorong pameran?

Dengan kamu menenteng atau menggendong tas besar ke dalam pameran, kamu berisiko menyenggol karya. Belum lagi, tas besar yang digendong ke dalam pameran membikin lorong pameran begitu menyesakkan. Daripada berisiko menutupi pandangan orang lain dan menyenggol karya di pameran seni. Tentu kamu tidak mau kan hal itu terjadi? Hal ini pun memang disarankan oleh Leo agar pengunjung pameran sebaiknya membawa tas kecil.

Hayo, di antara poin tersebut, apa saja yang pernah kamu langgar?

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.