Kesehatan Kuliner

Kaya Vitamin D, 5 Menu Sarapan Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Pinterest LinkedIn Tumblr

Selain vitamin C, vitamin D juga direkomendasikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini telah dibuktikan dalam publikasi British Medical Journal pada tahun 2017 bahwa selain baik untuk kesehatan tulang, jenis vitamin ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi saluran pernapasan. Di tengan pandemi coronavirus atau COVID-19 ini, kamu memerlukan asupan nutrisi yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya untuk menu sarapan kamu. Nah, berikut ini ada lima rekomendasi menu untuk makan pagi yang kaya akan vitamin D:

Baca Juga:

Omelet

omelet mengandung vitamin D
Source: instagram.com/winniesbalance_

Telur tidak hanya kaya akan protein tapi juga vitamin D yang terletak pada bagian kuningnya. Bila mengonsumsi dua telur berukuran besar, kamu bisa memenuhi sepersepuluh kebutuhan harian akan vitamin ini. Akan tetapi, khusus pengidap penyakit kolesterol, sebaiknya batasi konsumsi telur atau konsultasikan dulu pada dokter sebelum menyantap hidangan yang berbahan dasar telur.

Sereal

sereal sehat menu sarapan yang mengandung vitamin d
Source; instagram.com/itstaylermarie

Tidak semua sereal baik untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi. Tetapi, bila kamu memilih sereal dengan bahan utamanya gandum utuh dan kandungan gula dibawah 5 gram. Jangan lupa juga terdapat kandungan vitamin D di dalamnya agar daya tahan tubuh kamu tetap terjaga. Agar nutrisinya tambah banyak, kamu bisa tambahkan buah atau biji-bijian seperti biji labu atau chia seed ke dalam semangkuk sereal.

Susu

susu kaya akan vitamin d yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh
Source : ohayo.co.id

Kalau yang satu ini tentu saja populer karena kaya akan vitamin D. Dalam satu gelas susu, baik susu rendah lemak, tanpa lemak, atau full fat, terdapat 115-124 IU (International Units). Maka dari itu, kamu bisa mengonsumsi susu sebagai salah satu alternatif sarapan pagi. Gak harus susu sapi kok, kamu bisa mengonsumsi susu beras (rice milk), susu almond, coconut milk, dll.

Jamur

tambahkan jamur dalam menu sarapan sehat mu
source: healthline.com

Menurut Healthline, jamur merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D, vitamin B, dan kalium. Kadar vitaminnya pun berbeda-beda, tergantung dari jenis jamur. Biasanya jenis jamur yang terkena sinar ultraviolet memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi. Coba deh gunakan jamur sebagai salah satu bahan untuk membuat menu sarapan pagi. Bahan ini pun bisa dicampurkan dengan banyak menu seperti salad, omelet, pasta, mie, nasi goreng, dsb. Daya tahan tubuh terjaga, makan pun tetap enak, kan?

Tuna Kaleng

tuna kalengan
Source: oceana.org

Males buat menu sarapan yang ribet? Gunakan saja tuna kaleng untuk membuat masakan praktis. Selain kaya protein, ikan kemasan ini juga mengandung vitamin D. Kamu bisa mengolah tuna kaleng ini untuk campuran salad atau isian sandwich. Kapan lagi bisa menyantap hidangan sarapan lezat dan praktis sekaligus dapat meningkatkan daya tahan tubuh?

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.