Kuliner

Katanya 4 Makanan Ini Asal Amerika Serikat, Yuk Cari Tahu Faktanya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kalau ditanya mengenai kuliner asal Amerika Serikat, apa yang ada dipikiran kalian? Donut? French fries? Apple pie? Tetapi, apa kalian yakin makanan tersebut memang berasal dari Negara Paman Sam? Sebenarnya ada beberapa makanan yang disangka berasal dari negara tersebut, padahal faktanya bukan lho! Apa saja makanan tersebut? Lantas dari mana aslinya makanan tersebut berasal? Ini dia informasinya!

French Fries

French fries
Flickr @O`Garas Bar & Grill

Kentang goreng atau French fries biasa menjadi hidangan pelengkap saat menyantap makanan cepat saji. Kalau ditanya berasal dari mana hidangan ini, tidak sedikit orang yang akan menjawab Amerika Serikat atau Prancis. Padahal, French fries merupakan kentang goreng asal Belgia. Dilansir dari National Geographic, awalnya kentang ini dikenal oleh tentara Amerika yang datang ke Belgia saat Perang Dunia I. Saat itu ada nelayan Belgia yang tengah menggoreng kentang. Karena bahasa yang digunakan nelayan tersebut adalah Bahasa Prancis, tentara Amerika menyimpulkan bahwa kentang itu berasal dari Prancis. Selain itu, seringnya French fries menjadi hidangan pendamping fast food membuat banyak orang beranggapan bahwa kentang ini memang berasal dari negara Amerika.

Donut

sebenarnya donut bukan berasal dari amerika serikat
Image source: @brammibalsdonuts

Sebenarnya donut dikenal oleh masyarakat Amerika Serikat melalui imigran Belanda. Kue manis ini sendiri telah ada selama ribuan tahun lalu lho! Di Belanda, donut dikenal sebagai olykoeks yang berarti kue berminyak. Namun, pada pertengahan abad ke-19, Elizabeth Gregory, wanita yang berasal dari New England, melakukan modifikasi dengan cara menggoreng adonan tersebut dan menaburkan kacang tanah di atasnya. Jadilah, kue ini dikenal dengan nama doughnut atau donut.

Apple Pie

seperti halnya kentang goreng, apple pie bukan berasal dari amerika serikat
Image source: @valentinaprevidi

Yakin apple pie atau pie apel berasal dari Amerika Serikat? Faktanya, pie berasal dari negara Inggris lho! Awalnya, resep ini ditemukan pada zaman Yunani kuno kemudian dipopulerkan di Inggris pada abad pertengahan. Di Inggris sendiri hidangan ini dikenal dengan pyes dan memiliki pinggiran crust yang disebut coffyns. Biasanya pie ini berisi daging, tapi pada abad ke-15, pembuat kue asal Belanda menciptakan kue apel modern dengan pinggiran crust. Kemudian pada abad ke-16, Inggris menciptakan pie apel pertama. Dari hasil modifikasi itulah orang Belanda dan Inggris memperkenalkan pie apel sederhanan ke masyarakat Amerika.

Mac & Cheese

Image source: @sabys_kitchen

Banyak yang percaya bahwa resep makaroni dan keju atau dikenal dengan istilah mac & cheese diciptakan oleh pria asal Amerika Serikat bernama Thomas Jefferson. Resep tersebut dibuat setelah dia mendapatkan mesin makaroni dari hasil perjalanannya ke Benua Eropa. Tetapi, fakta sebenarnya adalah resep mac & cheese sudah ada sebelum dikreasikan oleh Jefferson.  Resep asli dari mac & cheese sebenarnya sudah ada pada abad ke-14 dan tercantum dalam buku resep Liber de Coquina yang ditulis oleh penulis Italia. Dari resep tersebut, mulai banyak bermunculan kreasi pasta dan makaroni. Makaroni sendiri sebenernya berasal dari Bahasa Italia, yaitu maccheroni.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.