Kuliner

Kalau Kamu Orang Indonesia, Pasti Suka Ngemil Ini Deh!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Seperti kebanyakan masyarakat dari negara lain, orang Indonesia juga suka ngemil lho! Bahkan, menurut survey online yang diikuti oleh sekitar 6000 partisipan dari 12 negara berbeda termasuk Indonesia, masyarakat tanah air dianggap paling senang ngemil dibandingkan masyarakat dari negara lain. Ngemil sendiri dapat membantu mengurangi rasa lapar. Atau saat kantuk melanda, tak jarang orang memilih untuk memakan camilan agar rasa kantuk tersebut menghilang. Lalu apa saja sih camilan yang sering dikonsumsi di tanah air? Berikut ini informasi selengkapnya!

Camilan Tradisional

camilan favorit orang Indonesia
Image source: @mrs.viriya

Bukan hanya kekayaan alam dan budayanya saja yang terkenal di Indonesia, tapi kulinernya pun tak kalah beragamnya. Hampir setiap daerah memiliki kuliner khas masing-masing, termasuk camilan tradisional. Camilan jenis ini juga banyak digemari orang Indonesia karena rasanya yang unik dan tak jarang mencerminkan wilayah asalnya. Dari segi harga, camilan tradisional lebih terjangkau dengan rasa yang tak kalah lezat dengan camilan modern. Oh ya, contoh camilan tradisional yang mudah ditemukan adalah dodol dari Garut, serabi dari Bandung, getuk lindri dari Jawa, dsb.

Camilan Bahan-Bahan Pertanian / Perkebunan

Image source: @rumah_boedi

Indonesia dikenal sebagai negara tropis dengan hasil pertanian dan perkebunan yang melimpah. Karena itulah camilan dari hasil pertanian dan perkebunan menjadi salah satu camilan favorit orang Indonesia. Hasil pertanian dan perkebunan itu bisa berupa sayuran, umbi-umbian, dan buah-buahan yang mudah didapatkan, seperti singkong, pisang, dan ubi, yang kemudian diolah menjadi camilan menarik dan menggugah selera. Pengolahannya pun cukup bisa melalui proses direbus, digoreng, dikukus, atau dicampur dengan bahan lain sesuai selera.

Biskuit Manis

biskuit manis sebagai camilan favorit orang indonesia
Image source: @lasrecetasdeanitabelen

Menurut survey, cukup banyak orang Indonesia yang memilih biskuit manis sebagai camilan favorit mereka. Camilan manis umumnya disukai oleh berbagai kalangan, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan sebuah studi yang dirilis oleh University of Bordeaux tahun 2013 mengungkap bahwa makanan manis dapat mengirim respon adiktif ke otak seperti hanya ganja dan kokain.

Minuman Dingin

Image source: @foodnusantara.id

Karena cuaca Indonesia yang cenderung panas, minuman dingin menjadi salah satu camilan favorit orang Indonesia. Jenis minuman dingin di negara kita pun cukup beragam, dari mulai yang tradisional sampe modern. Kalau minuman dingin tradisional di Indonesia ada es puter, es teler, es campur, dsb, sedangkan yang lebih modern ada es krim beraneka rasa seperti es krim cokelat hingga teh hijau.

Biskuit Gurih

camilan biskuit
Image source: @lafeestephanie

Bukan hanya biskuit manis yang digemari oleh orang Indonesia, tapi juga biskuit gurih. Biskuit gurih bisa menjadi teman minum teh yang lezat. Varian rasanya pun cukup beragam, seperti biskuit rasa keju, abon, dan sayuran. Varian rasa biskuit gurih pun mudah ditemukan di toko makanan terdekat, minimarket, dan supermarket.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.