Inspirasi Travel Tips

Jangan Sampai Mati Gaya Ketika Mengunjungi Museum

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tahukah kamu? Di Indonesia kini memiliki lebih dari 400 museum yang tersebar di berbagai daerah. Banyak kategori museum yang bisa kamu kunjungi, seperti sejarah, seni dan budaya, flora-fauna, sains, teknologi, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya, budaya berkunjung ke museum masih sangat minim di negara kita.

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa museum adalah tempat yang kuno dan membosankan. Padahal museum merupakan tempat rekreasi yang memberikan banyak informasi menarik yang jarang diketahui banyak orang. Nah, daripada mati gaya saat mengunjungi museum, berikut ini ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan supaya jalan-jalan ke museum bisa lebih asik.

Cari Tahu Informasi Museum

Informasi Museum
instagram.com/museum_nasional_indonesia

Sebelum mendatangi museum, kamu perlu melakukan sedikit research mengenai informasi museum yang akan kamu kunjungi, bisa melalui internet, buku, atau brosur. Hal-hal yang perlu diketahui antara lain akses menuju museum, tiket masuk, waktu buka, fasilitas, dan trivia tentang museumnya. Research kecil ini bisa kamu lakukan agar kamu punya sedikit bayangan umum tentang museum yang akan dikunjungi.

Mengisi Perut Sebelum Berkeliling Museum

Image credit: instagram.com/museummacan

Umumnya, museum-museum memiliki peraturan untuk tidak membawa makan dan minum ke dalam area museum. Maka dari itu, pastikan perutmu terisi ya supaya tetap bertenaga ketika menjelajahi isi museum. Beberapa museum pun memiliki kafe atau restoran yang menjual beragam kudapan.

Menitipkan Barang Bawaan

Berkeliling di dalam museum akan memakan waktu yang tidak sebentar. Pastikan mobilitasmu lebih efisien dengan tidak membawa tas yang berat dan merepotkan ke dalam ruang pamer museum. Biasanya museum pun menyediakan tempat penitipan tas di dekat pintu masuk.

Meminta Guide Untuk Memandu

Image credit: instagram.com/museummacan

Museum-museum menyajikan beragam koleksi dan informasi yang ditampilkan di ruang pamer. Informasi-informasi tersebut disampaikan dengan display tulisan maupun audio. Meski pun semuanya telah tersaji, tapi tidak ada salahnya untuk meminta guide museum agar menemani dan menjelaskan isi museum. Bersama guide museum, kamu bisa memperoleh informasi menarik lain di luar informasi yang sudah ditampilkan. Lebih dari itu, kamu pun bisa melayangkan beberapa pertanyaan dan diskusi dengan mereka. Ilmu dan pengalaman yang didapatkan saat mengunjungi museum pun menjadi lebih kaya.

Berfoto Sewajarnya

Image credit: instagram.com/geomuzee

Tak lengkap rasanya jika pergi ke museum tanpa mendokumentasikan momen dan hal-hal yang kita lihat di dalamnya. Tentu kita boleh berfoto sesuai dengan aturan museum. Kita pun harus memerhatikan kondisi sekitar ketika hendak berfoto. Jangan sampai mengganggu pengunjung lain yang juga ingin menikmati ragam koleksi di museum ya!

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.