Kuliner

Jangan Panaskan Kembali 5 Makanan Berikut Jika Tak Ingin Keracunan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Makanan itu memang enak disantap ketika masih hangat kan? Makanya kita sering menghangatkan atau memanaskan makanan kembali, terutama makanan yang disimpan semalaman, sebelum disantap kembali. Tetapi, tahukah kamu bahwa beberapa makanan sebaiknya jangan dipanaskan kembali? Bila dihangatkan kembali, makanan tersebut bisa menyebabkan kamu keracunan lho! Lantas apa saja makanan yang tidak boleh disimpan semalaman dan dihangatkan kembali? Simak ulasannya hanya di Holamigo!

Baca Juga:

Jamur

jamur bila dihangatkan bisa menyebabkan keracunan
Image source: @imagen.de.calidad

Bahan makanan ini memang sering dikonsumsi karena memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Tetapi, ternyata olahan dari jamur sangat pantang untuk dipanaskan kembali. Bila dipanaskan, mikroorganisme yang terdapat dalam jamur akan menjadi senyawa jahat yang menghilangkan protein pada jamur tersebut. Oleh karena itu, disarankan untuk menyantap jamur sekali habis kalau tidak ingin keracunan makanan

Bayam

jangan hangatkan bayam bila tak ingin keracunan
Image source: @
eden_hope_garden

Sayuran hijau ini dikenal memiliki kandunan yang sangat baik untuk tubuh. Gizi dan vitamin yang dimiliki oleh bayam tentu akan membuat tubuh kamu semakin sehat. Tetapi, ingat ya, untuk menghabiskan sayuran ini selagi hangat dan jangan disimpan sampai besok. Pasalnya, bila kamu menghangatkan bayam keesokan harinya, sayuran ini bisa menyebabkan keracunan.

Baca Juga:

Makanan Bersantan

makanan bersantan berpotensi menyebabkan keracunan makanan
Image source: @tia_iryanti

Jenis makana ini sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan banyak dari makanan khas Indonesia yang menggunakan santan sebagai salah satu bahan utamanya. Sayangnya, meskipun jenis makanan ini memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera, kamu berpotensi keracunan makanan bila memanaskan kembali makanan bersantan. Pada dasarnya, bila santan dipanaskan kembali, lemak yang sudah dikandungnya akan berubah jadi lemak jahat.Tentunya jenis lemak tersebut tak baik untuk dikonsumsi.

Kentang

olahan kentang jangan dipanaskan
Image source: unileversolutions.com

Merupakan alternatif makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Bahkan, jika kamu tidak menyukai nasi, kentang bisa menjadi pengganti karbohidrat baik. Tetapi, pastikan kamu tidak memanaskan kembali hidangan berbahan dasar kentang ya! Pasalnya kentang mudah terkena mikroorganisme jahat yang mengandung racun. Hal ini menyebabkan kamu berisiko terkena masalah pencernaan hingga keracunan makanan.

Nasi

nasi jangan dipanaskan kembali
image source: Delish.com

Siapa sangka ternyata nasi, bila dihangatkan, berpotensi menyebabkan keracunan? Sayangnya kebiasaan ini sering dilakukan oleh kita, terlebih jika nasinya tidak habis dan disimpan untuk keesokan harinya. Padahal, kalau nasi dipanaskan kembali dan dibiarkan terlalu lama dengan cara penyimpanan yang salah, siapapun yang memakannya berpotensi terkena keracunan makanan.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.