Inspirasi Kesehatan

Jahe Si Kecil Dengan Segudang Manfaat Bagi Para Traveler

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jahe sudah lama dikenal sebagai salah satu home remedy andalan setiap orang, tak terkecuali traveler dan beberapa public figure. Sebut saja Margot Robbie, aktris cantik ini selalu mengandalkan manfaat jahe sebagai bahan utama untuk mencegah jet lag. Robbie pun mengandalkan jahe untuk mengembalikan vitalitas tubuhnya, selengkapnya kamu bisa lihat di sini.

Ternyata jahe sebagai bahan utama home remedy ini bukan hanya isapan jempol belaka. Penelitian mengenai manfaat jahe pun sudah banyak, wajar saja jika jahe bisa diandalkan bagi para traveler untuk menjaga vitalitas tubuh saat harus bepergian jauh.

Menguak Lebih Dalam Soal Manfaat Jahe

Jahe Sebagai Campuran Minuman (unsplash.com)

Melansir National Geographic Indonesia, jahe mampu melawan bakteri penyebab mual dan muntah-muntah. Pasalnya, jika seseorang dapat muntah berkali-kali dan dibiarkan dapat menyebabkan dehidrasi bahkan berujung kematian. Percobaan fungsi jahe ini dilakukan pada beberapa anak dengan masalah gastroenteritis.

Hasil yang didapat setelah mengonsumsi jahe pun cukup memuaskan, anak-anak yang menderita gastroenteritis megalami perubahan yang cukup signifikan yakni berkurangnya frekuensi muntah. Anak-anak yang berusia sekitar 10 tahun tersebut mengalami berkurangnya frekuensi muntahnya hingga 20% setelah mengonsumsi ekstrak jahe. Selain itu, jumlah anak yang sakit pun mengalami penurunan sekitar 28%.

Dr. Roberto Berni Canani, sebagai peneliti studi ini sekaligus profesor pediatri di University of Napoli mengatakan jika studi ini dapat menyelamatkan banyak orang. Begitu juga dengan berbagai orang yang sering mengalami masalah dengan lambung atau gangguan kesehatan lainnya selain gastroenteritis.

Jika kamu sering mengeluh masalah mual, pusing, atau sakit badan saat traveling, jahe bisa jadi opsi utama untuk kamu. Pasalnya, selain terbukti ampun untuk mengurangi mual pada penderita gastroenteritis, jahe pun mengandung anti-inflamasi, anti-oksidan, dan beberapa kandungan yang dipercaya sebagai senyawa sistem imun; beta-karoten dan capsaicin.

Dr. Canani pun mengatakan jika jahe membantu fungsi air putih saat memulihkan tubuh dari dehidrasi karena frekuensi muntah yang terhitung sering. Jahe pun dapat berfungsi untuk memulihkan beberapa masalah lain pada tubuh, diantaranya obesitas, sakit jantung, dan diabetes.

Membawa Jahe Saat Traveling, Bagaimana?

Alternatif Untuk Mengonsumsi Jahe, Teh Jahe (pixabay.com)

Mungkin kamu bingung juga, jika jahe memiliki segudang manfaat, lalu bagaimana membawanya saat traveling? Tak perlu bingung. Jika kamu rasanya terlalu repot membawa jahe, kamu dapat membawa jahe dalam bentuk minyak atau teh. Kecuali kalau kamu memang tidak begitu keberatan membawa jahe kemana pun kamu pergi.

Saat traveling, kamu bisa membawa jahe dengan menggunakan kemasan plastik zip atau dengan wadah makanan yang tertutup rapat. Mengonsumsinya pun bisa dengan berbagai cara. Kamu bisa campurkan dengan minuman kesukaanmu atau bisa langsung dimakan.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.