Destinasi Seni

Isi Liburan dengan Mengunjungi 5 Galeri Seni di Bantul, Yogyakarta

Pinterest LinkedIn Tumblr

Rasanya tak lengkap jika liburan ke Yogyakarta tanpa mengunjungi tempat-tempat seni. Adat budaya tradisionalnya membuat Yogyakarta menjadi magnet wisata berbagai kalangan, baik dari dalam maupun luar negeri. Perkembangan seni rupa kontemporer pun tumbuh pesat di Yogyakarta. Banyak galeri seni dan ruang alternatif yang hadir di sini. Bergeser sedikit ke daerah Bantul, berikut ini adalah 5 galeri seni yang wajib untuk dikunjungi.

Sangkring Art Space & Art Project

Sangkring Art Space
Image source: instagram.com/sangkringart

Sangkring berlokasi di Jalan Nitiprayan No. 88, Kasihan, Bantul. Di area sangkring, terdapat 3 ruang galeri seni dengan beragam ukuran dan fungsi, yakni Sangkring Art Space, Sangkring Art Project, dan Bale Banjar Sangkring. Ruang seni tersebut didirikan oleh seniman Putu Sutawijaya.

Diresmikan sejak tahun 2007, Sangkring Art Space menjadi salah satu galeri seni di Yogyakarta dengan standar internasional. Sudah 12 tahun, Sangkring Art Space mengelola beragam pameran seni dari seniman-seniman dalam maupun luar negeri dengan beragam medium seperti seni lukis, patung, dan instalasi.

Selain galeri seni tersebut, Sangkring memiliki sebuah space bernama Sangkring Art Project. Ruang alternatif tersebut menjadi wadah bagi seniman dengan multidisiplin keilmuan. Desain ruangannya lebih fleksibel dan terbuka.

Sementara di bagian paling belakang terdapat Bale Banjar Sangkring yang mengadaptasi spirit lokal masyarakat Bali yang dibawa oleh Putu Sutawijaya. Ruang ini lebih terbuka dan bersebelahan dengan pemandangan pesawahan nan asri. Untuk melihat acara-cara yang sedang berlangsung di Sangkring, kita dapat mengakses informasinya melalui laman sangkringart.com dan Instagram @sangkringart.

Galeri Lorong

Galeri Lorong
Image source: instagram.com/galerilorong

Ke arah selatan dari Sangkring, tepatnya di Dusun Jeblok, terdapat sebuah galeri seni lain bernama Galeri Lorong. Didirikan oleh Alloysius Suko Widigdo, Maria Ambar Sulistyowati, dan Fajar Kresno Mukti, Galeri Lorong menjadi ruang menarik untuk menikmati beragam karya lukis, patung, dan medium lain.

Di Galeri Lorong pun, terdapat homestay dengan interior yang sangat nyaman, serta pemandangan pesawahan Bantul. Di sini pun kita dapat menikmati kudapan di Warung Lorong, dan berbelanja di butik House of Raditya.

Informasi mengenai program-program seni di Galeri Lorong seperti pameran dan lokakarya dapat diakses di galerilorong.com atau Instagram @galerilorong.

Kersan Art Studio

Galeri Seni Yogyakarta
Image source: instagram.com/kersanartfoundation

Berlokasi di Jalan AS. Samawaat No. 154, Kersan Art Studio menjadi ruang komunikasi bagi para seniman dan praktisi seni lainnya dengan menyelenggarakan berbagai program, seperti pameran seni, presentasi, dan residensi. Kersan Art Studio didirikan sejak tahun 2009, oleh Lenny Ratnasari Weichert.

Program pertukaran dan proyek kerjasama banyak dilakukan Kersan Art Studio dengan berbagai institusi dari Jerman, Polandia, Malaysia, dan Jepang. Kita dapat menikmati proses dan hasil karya seni kontemporer dari para praktisi seni di galeri Kersan Art Studio. Informasi acara dan program kesenian yang berlangsung di galeri seni ini, dapat diakses di kersanartstudio.com atau Instagram @kersanartfoundation.

Museum dan Tanah Liat (MDTL)

Museum dan Tanah Liat
Image source: instagram.com/museumdantanahliat

Tidak jauh dari Kesan Art Studio, di Dusun Kersan terdapat Museum dan Tanah Liat (MDTL). Galeri seni ini telah berdiri sejak 1998, oleh seniman Ugo Untoro. MDTL telah mengakomodir banyak acara seni mulai dari pameran, diskusi, dan lokakarya. MDTL pun bekerjasama dengan berbagai komunitas seperti komunitas film.

Selain menjadi galeri seni, MDTL pun menjadi tempat bagi siapa pun yang ingin bertukar informasi dan ilmu tentang kesenirupaan. Ruang ini menjadi wadah yang tak mengenal batas usia, dan keahlian. Tak jarang banyak pegiat dari berbagai negara pun ikut terlibat di sini. Ikuti informasi program-program kesenian di MDTL melalui museumdantanahliat.com atau Instagram @museumdantanahliat.

Gajah Gallery Yogyakarta / Yogya Art Lab (YAL)

Galeri Seni Yogyakarta
Image source: instagram.com/gajahgallery

Gajah Gallery adalah sebuah galeri seni yang berdiri di Singapura. Kemudian membuka ruang alternatifnya di Yogyakarta bernama Yogya Art Lab (YAL). Gajah Gallery Yogyakarta dengan YAL berlokasi di Jalan Keloran No. 6. YAL menjadi sebuah laboratorium bagi seniman-seniman muda di Indonesia untuk berkembang. YAL pun berkolaborasi dengan seniman-seniman mapan seperti Yunizar dan Ashley Bickerton. Di ruang ini pun tersedia galeri seni untuk memamerkan karya-karya seni kontemporer dengan beragam medium.

Baca Artikel Terkait

Jalan-jalan Mengunjungi Galeri Seni di Pusat Kota Yogyakarta

4 Event Tahunan Seni Rupa yang Wajib Kamu Hadiri

Liburan ke Yogyakarta, Menginap di Rumah Teletubbies

Ide Liburan Singkat Di Yogyakarta – Travel Vlog

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.