Seni

Intip Karya Seni Publik di Berbagai Negara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap kota di berbagai belahan dunia biasanya memiliki landmark yang menjadi ciri khas kotanya. Landmark ini bisa berupa bangunan, patung, atau monumen yang ikonik. Maka tak jarang sejumlah seniman dilibatkan dalam pembuatannya. Dalam ulasan Holamigo berikut ini terangkum lima karya seni ruang publik dari sejumlah seniman ternama. Karya-karya tersebut kini menjadi icon di berbagai negara.

Yellow Pumpkin – Pulau Naoshima, Jepang

Image credit: DanÅke Carlsson (flickr.com)

Yayoi Kusama adalah salah satu seniman Jepang paling berpengaruh di abad ini. Kita akan menemukan unsur lingkaran-lingkaran polkadot yang khas dalam setiap karyanya. Salah satu karya Yayoi yang diletakan di ruang publik berada di Pulau Naoshima, Jepang.

Karya berjudul “Yellow Pumpkin” ini berupa sebuah labu kuning berukuran besar dengan motif polkadot berwarna hitam. Labu kuning Yayoi ini menjadi karya seni ruang publik sekaligus icon Pulau Naoshima sejak tahun 1994.

Maman – Bilbao, Spanyol

Image credit: Vincent (flickr.com)

Sejak dibukanya Guggenheim Museum di Bilbao, kota ini menjadi salah satu magnet seni rupa kontemporer di Spanyol. Salah satu karya yang ditampilkan di area bagian luar museum ini adalah sebuah patung laba-laba besar karya seniman Prancis-Amerika, Louse Bourgeois. Ketinggian patung laba-laba ini mencapai 9 meter.

Tidak hanya di Bilbao, karya berjudul “Maman” ini pun dibuat dan diletakan di berbagai tempat seperti di Tate Modern London, National Gallery of Canada, Mori Art Museum Tokyo, Leeum Samsung Museum of Art Korea Selatan, Crystal Bridges Museum of American Art, dan Qatar National Convention Center di Doha.

Les Voyageurs – Marseilles, Prancis

Les Voyageurs
Image credit: dailyartmagazine.com

Di pesisir tenggara Prancis, tepatnya di kota Marseilles, terdapat karya seni di ruang publik yang ikonik. Karya ini berupa patung manusia membawa briefcase dengan bagian tubuh yang hilang. Dibuat oleh seniman Prancis, Bruno Catalano, karya dengan judul “Les Voyageurs” ini dibuat dalam rangka European Capital of Culture pada tahun 2013. Patung yang dihadirkan Bruno di Marseilles ini totalnya berjumlah 10 buah dengan figur manusia yang berbeda-beda.

LOVE – Philadelphia, Pennsylvania

LOVE
Image credit: Brooke (flickr.com)

Seorang seniman pop art asal Amerika, Robert Indiana, secara konsisten membuat sejumlah karya patung berupa huruf-huruf yang membentuk kata “LOVE”. Karya ini memiliki beberapa versi dalam beragam bahasa seperti Hebrew, Tionghoa, Italia, dan Spanyol. Pada tahun 1970, karya “LOVE” pertama kali dibuat dan ditampilkan di Indianapolis Museum of Art.

Kemudian di tahun 1976, patung “LOVE” ditempatkan di John F. Kennedy Plaza di Philadephia, yang kini lebih popular dengan nama Love Park. Dua tahun kemudian, karya ini sempat hilang, namun Ketua Komisi Seni Philadelphia membeli karya “LOVE” lagi dan meletakannya secara permanen di taman ini.

Cloud Gate – Chicago, Illinois

Image credit: Janette Asche (flickr.com)

Millennium Park merupakan jantung kota Chicago yang menjadi daya tarik wisata di Illinois. Di taman ini terdapat sebuah landmark Chicago yang dikenal dengan “The Bean”. Dinamakan demikian karena karya ini berupa patung berbentuk kacang raksasa berwarna perak. Karya seni publik ini dibuat oleh seniman India-Inggris, Anish Kapoor, dengan judul asli “Cloud Gate”.

Ketinggian karya “Cloud Gate” mencapai 10 meter, dengan panjang 20 meter. Di bagian tengahnya terdapat lengkungan setinggi 3,7 meter. Jika kita berdiri di depan karya ini, kita akan melihat pantulan langit dan lanskap kota Chicago yang distortif. Menurut Anish Kapoor, karyanya ini dapat bertahan hingga 1.000 tahun ke depan.

Baca juga 6 Patung Yesus di Indonesia. No. 5 Kalahkan Patung Yesus di Brazil

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.