Informasi Kuliner

Intip Aturan Makan yang Unik dari 8 Negara Berikut!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Aturan makan tidaklah sama dari satu negara ke negara lain. Bila kamu menerapkan kebiasaan makan yang salah, biasanya kamu akan dipandang aneh atau tidak sopan. Nah untuk menghindari ini, sebaiknya kamu memastikan dulu aturan seperti apa yang diterapkan di suatu negara, termasuk yang berkaitan dengan kebiasaan makan atau table manner mereka. Sebagai contoh, dilansir dari Mashed, ada enam negara yang memiliki kebiasaan makan unik.  Kalau kamu berencana bertandang ke negara-negara tersebut, pastinya informasi ini akan sangat bermanfaat sekali kan?

Baca Juga:

India

aturan makan di India
Image source: istockphoto.com/Alina555

Jika kamu berkunjung di salah satu tempat makan di India, jangan mengucapkan terima kasih pada pramusaji yang mengantarkan makanan ke mejamu. Pasalnya, ucapan tersebut hanya untuk orang yang mereka kenal saja.

Tiongkok

table manner tiongkok
Image source: blog.thatsmandarin.com

Salah satu aturan makan di Tiongkok adalah tidak disarankan untuk menyapu bersih apa yang ada di piring makanmu. Bila piring bekas makan kamu bersih dan tak ada remah sedikitpun, kamu akan dianggap orang yang rakus.

Ada lagi aturan unik di Tiongkok dari segi kulinernya, yaitu saat memesan ikan goreng hanya satu bagian saja yang digoreng. Menurut kepercayaan penduduk sana, jika kamu membalik ikan saat digoreng, dikhawatirkan kapal penangkap ikan akan terbalik.

Spanyol

kafe di spanyol
Image source: washingtonian.com

Kalau kamu ingin tahu restoran mana yang punya menu lezat di Spanyol, lihat saja sampahnya. Semakin banyak sampah yang berserakan di restoran tersebut, berarti makanannya dianggap lezat.

Hungaria

cheers di hungaria
Image source: thenawa.org

Aturan makan di Hungaria yaitu kamu dilarang mengucapkan kata ‘cheers’ saat bersulang. Tindakan tersebut dianggap kasar dan kamu akan mendapatkan tatapan sinis dari penduduk sana.

Thailand

aturan makan di thailand
Image source: tripsavvy.com

Keunikan aturan makan di Thailand terletak pada penggunaan sendok dan garpunya. Meskipun kedua alat makan itu digunakan, hanya sendok saja yang masuk ke mulut sedangkan garpu hanya digunakan untuk memotong makanan saja.

Georgia

minum wine di georgia
Image source: priceless.com

Saat meminum wine di Georgia, kamu wajib menghabiskannya dalam sekali teguk. Aturan makan ini menandakan bahwa kamu menghargai sang penyaji wine tersebut.

Italia

minum kopi di italia
Image source: blog.usejournal.com

Orang Italia tidak meminum kopi setelah pukul 11 siang agar menjaga kesehatan pencernaan. Kalau kamu tetap memesan kopi setelah jam tersebut, siap-siap deh dapat tatapan aneh dari warga lokal.

Meksiko

kebiasaan makan di meksiko
Image source: thrillist.com

Yang suka ditraktir teman, pasti kamu akan suka aturan makan dari Meksiko. Di negara itu, jika seseorang mengundangmu makan, maka kamu tak perlu repot-repot membayarnya karena orang yang mengundang makan yang akan traktir kamu.

Artikel Menarik Lainnya:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.