Internasional Seni

Intip 4 Spot Karya Ikonik Banksy di Berbagai Kota di Dunia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banksy adalah seniman dunia yang menjadikan ruang publik sebagai ‘kanvas’-nya. Sebagian besar karyanya berupa mural dan stensil yang dibuat di dinding-dinding gedung di perkotaan. Meski begitu, tak jarang ia pun membuat karya patung dan instalasi di beberapa lokasi. Banksy tak pernah muncul menampilkan wajahnya kepada publik, namun setiap karyanya selalu menjadi buruan pada penggemar, kolektor, dan pecinta seni. Kita dapat mendeteksi keaslian karyanya melalui situsnya banksy.co.uk, karena setiap membuat karya baru, ia akan selalu memublikasikan di lamannya tersebut.

Kebanyakan dari Banksy berbicara mengenai isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan kemanusiaan. Penentuan lokasinya pun menjadi mempengaruhi pesan-pesan yang hendak ia sampaikan. Berikut ini adalah 4 karya ikonik Banksy di berbagai kota di dunia.

“Girl with Balloon” – London

Karya Banksy
Image credit: Dominic Robinson (flickr.com)

“Girl with Ballon” adalah karya stensil berwarna hitam dan merah yang menggambarkan seorang anak perempuan berambut pendek dengan balon berbentuk hati. Balon tersebut tampak terlepas dari tangan si anak. Karya ini pertama kali muncul di Waterloo Bridge, London. Banksy kemudian melakukan beberapa kali reproduksi karya tersebut di berbagai lokasi dan momen, seperti tahun 2014 ketika terjadi krisis arus imigran Suriah, dan tahun 2017 ketika pemilihan umum di Inggris.

“Love is in the Air (Flower Thrower)” – Yerusalem

Karya Banksy
Image source: pinterest.com

Banksy memiliki kedekatan dengan pembuatan karya stensil berwarna hitam. “Love is in the Air” adalah karya stensil lainnya yang menggambarkan seorang figur laki-laki tampak seperti seorang demonstran. Potret laki-laki tersebut tampak memakai masker dan topi dengan gestur seperti hendak melempar bom molotov. Namun, Banksy mengganti molotov di tangan laki-laki tersebut dengan buket bunga. “Love is in the Air” adalah salah satu kritik terhadap konflik yang terjadi di antara Palestina dan Israel. Karya tersebut dibuat di tahun 2003 pada salah satu dinding gedung di Yerusalem.

Swing Girl – Los Angeles

Swing Girl
Image source: Pi. (flickr.com)

Berlokasi di area parkir Broadway di Los Angeles, “Swing Girl” merespon tulisan penanda PARKING dengan warna merah besar di dinding. Bagian “-ing” pada tulisan tersebut dihapus menggunakan cat putih tipis. Sementara di bagian huruf “A” pada tulisan tersebut, Banksy menambahkan stensil anak perempuan sedang bermain ayunan yang menggantung pada huruf tersebut.

 Graffiti is a Crime – New York

graffiti is a crime
Image source: Paterne DIDI (flickr.com)

Masih dengan karya stensil, “Graffiti is a Crime” merespon penanda bertuliskan GRAFFITI IS A CRIME dengan gambar kaleng cat semprot yang dicoret. Banksy membuat image dua anak laki-laki tampak bahu-membahu untuk menjangkau kaleng cat pada penanda tersebut. Karya ini dibuat pada salah satu dinding di kawasan Chinatown di New York ketika Banksy menjalankan proyek karyanya di sana pada tahun 2013.

Baca artikel menarik lainnya Traveling Menjelajahi Street Art di 5 Kota Ini

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.