Kesehatan Kuliner

Ini Nih Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Kamu!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tahukah kamu ada segudang manfaat buah rambutan yang bisa kamu dapatkan? Buah yang lagi musim ini tentunya akan sangat bermanfaat bila dikonsumsi, khususnya untuk kesehatan kamu. Mau tahu apa saja manfaat buah ini? Berikut informasi selengkapnya!

Menurunkan Berat Badan

manfaat buah rambutan sebagai penurun berat badan
Image source: @dominiquemoore8

Ternyata salah satu manfaat buah rambutan yaitu membantu menurunkan berat badan. Buah yang dikenal dengan rasanya yang manis dan menyegarkan ini memiliki 72 kalori dan 2 gram serat per 100 gram. Serat yang terkandung dalam buah rambutan dapat memperlambat proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. Oleh karenanya, kamu juga akan merasa kenyang lebih lama dan nafsu makan kamu pun akan berkurang.

Mencegah Diabetes

Image source: @britishpropolis.indramayu

Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, ternyata kulit rambutan pun memiliki manfaat yang berguna bagi kesehatan. Studi dari jurnal Nutrients mengungkap bahwa seekor tikus yang menderita diabetes berkurang kadar gula darahnya setelah mengonsumsi ekstrak kulit rambutan. Ternyata ekstrak kulit rambutan mampu meningkatan sensitivitas insulin sekaligus mengurangi resistensi insulin. Jadi pastikan untuk memaksimalkan manfaat buah rambutan dengan memanfaatkan ekstrak kulitnya.

Melawan Inflamasi

Manfaat buah rambutan lainnya yaitu dapat melawan inflamasi sekaligus melindungi sel-sel tubuh. Rambutan mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri dikenal sebagai kandungan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis sel kanker dan menetralisir radikal bebas.

Pencernaan Menjadi Lebih Sehat

Image source: @julietaylormd

Buah rambutan memiliki dua jenis serat yang berbeda; serat larut dan tak larut. Serat larut berperan sebagai penyedia makanan bagi bakteri pencernaan yang menutrisi sel pencernaan, sedangkan serat tak larut dapat mencegah terjadinya sembelit dan mempercepat pergerakan usus. Dengan dua jenis serat tersebut, tidak heran bila salah satu manfaat buah rambutan ialah meningkatkan kesehatan pencernaan.

Meningkatkan Imun Tubuh

image source: science.sciencemag.org

Manfaat rambutan ialah dapat meningkatkan imun tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah rambutan dapat membantu meningkatkan imun tubuh kamu lho! Hal ini telah dibahas melalui jurnal penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Leukocyte Biology tahun 2014. Dalam jurnal ini dijelaskan bahwa vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat membatu melawan infeksi. Bila tubuh kita kekurangan vitamin C, maka sistem imun tubuh akan melemah dan mudah terkena infeksi.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.