Kesehatan Kuliner

Ini Nih 4 Jenis Makanan Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Gangguan sistem pencernaan secara langsung berpengaruh pada kesehatan tubuh kamu. Salah satu penyebab terganggunya kinerja pencernaan kamu adalah makanan yang dikonsumsi. Jenis makanan tertentu dapat menyebabkan inflamasi pada sistem pencernaan sehingga kinerjanya pun tidak berjalan dengan baik. Lantas apa saja jenis makanan tersebut? Berikut ini contohnya:

Gorengan

Image source: cicicookies.com

Tahukah kamu bahwa mengonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak yang telah dipakai berulang kali untuk menggoreng dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan? Hal ini diungkap oleh sebuah studi dari the World Journal of Gastroenterology. Selain  itu, studi tersebut juga mengungkap bahwa makanan dengan kadar lemak yang tinggi dapat mengubah komposisi mikrobioma usus. Inilah yang jadi penyebab mengapa pencernaan kamu mengalami masalah sekaligus menyebabkan organ dan jaringan tubuh kamu terserang oleh penyakit.

Makanan Asam

jenis makanan penyebab gangguan sistem pencernaan
Image source: @cafein_do4

Menurut Huffington Post, makanan yang memiliki rasa asam berperan dalam masalah atau gangguan sistem pencernaan. Meskipun dianggap sebagai makanan sehat seperti lemon, tomat, jeruk, dan grapefruit, tetap saja makanan tersebut memiliki tingkat keasaman yang tinggi.  Nah kalau kamu ingin menjaga kesehatan lambung dan pencernaan kamu, pastikan untuk tidak berlebihan mengonsumsi makanan yang memiliki kadar asam tinggi. Oh ya, jangan sampai mengonsumsi jenis makanan ini saat perut kamu kosong karena bisa menyebabkan inflamasi dan iritasi.

Makanan Olahan

Image source: @dianamakeshealthymeals

Bukan hanya menjadi penyebab gangguan sistem pencernaan, makanan olahan juga dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe – 2. Makanan yang termasuk dalam jenis ini seperti soda, roti, keripik kentang, dan jenis karbohidrat olahan lain yang cepat dicerna oleh tubuh. Makanan tersebut akan cepat bergerak melewati usus lalu menciptakan rasa kembung, nyeri, serta masalah pencernaan lainnya. Tetapi, bila kamu kesulitan untuk tidak mengonsumsi makanan olahan, kamu bisa kok memadukan makanan tersebut dengan makanan yang lambat untuk dicerna. Contohnya selai kacang, dada ayam tanpa lemak, dan alpukat. Jangan lupa juga untuk mengontrol porsi makan agar tidak berlebihan ya!

Pemanis Buatan

Image source: aspartame.org

Meskipun memiliki kalori rendah dibandingkan gula asli, pemanis buatan dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan dan inflamasi tubuh.  Oleh karena itu sebisa mungkin untuk menghindari pemanis buatan dan menggantinya dengan pemanis alami seperti nectar agave yang memiliki cita rasa lebih manis sehingga kita menyantapnya dengan jumlah yang sangat sedikit.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.