Informasi

Ini Hal Yang Tidak Kamu Tahu Dari Karya Eichiiro Oda, One Piece

Pinterest LinkedIn Tumblr

Anime dan manga One Piece terus meraih berbagai penggemar dari berbagai belahan dunia. Bahkan manga-nya saja masih terus berlanjut kisahnya. Minggu ini juga telah rilis manga One Piece 971. Tapi kamu mungkin belum dianggap penggemar berat One Piece, jika kamu belum tahu 15 hal berikut ini.

Manga yang mendapatkan gelar dari Guiness Book of Records

Luffy mendapatkan gelar Guinness Book of Records-asiaone.com

Sejak 1997, Eiichiro Oda telah menceritakan kisah petualangan yang epik dari kru bajak laut Topi Jerami. Karena itulah, manga ini selalu menjadi manga dengan angka penjualan tertinggi setiap waktu.

Guinness Book of Records mengakui karya Oda sebagai manga dengan kopi terbanyak yang pernah dipublikasikan. Penghargaan tersebut diperoleh pada 2014 karena manga One Piece telah terjual sebanyak 320,866,000 kopi antara tahun 1997-2014.

One Piece awalnya diprediksi hanya bertahan 5 tahun

Pada awalnya, Oda berencana untuk membuat manga One Piece berakhir setelah berjalan selama lima tahun, di tahun 2002. Namun dedikasi dari penulis manga ini memang luar biasa. Eichiiro Oda terbiasa bangun dan mulai bekerja sejak pukul 5 pagi hingga 2 pagi. Waktu tidur 3 jam dianggapnya sudah lebih dari cukup untuk memulihkan staminanya.

Dengan etos kerja seperti itu, tidak aneh jika Oda terus menciptakan berbagai karakter, kisah pertempuran, dan petualangan baru untuk manga ini. Oda sendiri mengungkapkan pada 2015 lalu, bahwa kisah One Piece baru 70% selesai.

Inspirasi Oda ternyata Dragon Ball

Oda memang menemukan banyak inspirasi dari manga dan anime lainnya. Namun karya-karyanya mendapatkan pengaruh paling besar dari karya Akira Toriyama, khususnya Dr. Slump dan Dragon Ball. Bahkan Oda juga sempat bekerjasama dengan idolanya dan menghasilkan karya Cross Epoch, manga yang mengkombinasikan One Piece dan Dragon Ball.

Sempat saingan dengan Naruto

Setelah merilis chapter “Romance Dawn”, Oda bermaksud untuk mengembangkan karakter baru. Salah satu karakter baru tersebut adalah Sanji, yang awalnya akan di beri nama Naruto. Tapi karena Masashi Kisimoto sudah mengembangkan serial Naruto, Oda memutuskan untuk mengganti nama karakternya untuk menghindari kebingungan.

Inspirasi dari karya literatur klasik.

Don Quixote dan Panza di Madrid-britannica.com

Oda banyak sekali menggunakan ide dari berbagai karya  klasik. Seperti  Penjara Angkatan Laut, Impel Down, benar-benar menggambarkan Nine Circle of Hell yang dituliskan dalam puisi karya Dante Alighieri dari abad ke-14 berjudul Divine Comedy.

Salah satu musuh Luffy, Donquixote Doflamingo juga terinspirasi dari The Ingenious Nobleman Mister Quixote of La Mancha karya seorang penulis Spanyol, Miguel de Cervantes Saavedra. Sabo, saudara angkta Ace dan Luffy, juga mengenakan topi yang diilhami oleh karakter dalam Oliver Twist.

One Piece mengambil referensi dari sejarah bajak laut asli

Kisah yang ditawarkan One Piece mungkin tidak menampilkan bajak laut dengan penutup mata sebelah, kedalaman karakter-karakternya banyak yang di ambil dari kisah bajak laut yang sebenarnya.

Kisah yang menceritakan bajak laut terkenal, Gold D. Rogers, yang menantang semua bajak laut untuk menemukan harta karun One Piece juga berasal dari kisah nyata. Seorang bajak laut dari Prancis, Olivier Levasseur, pernah melemparkan kalung kriptogram sebelum dieksekusi. Ia mengumumkan bahwa siapa pun yang bisa memecahkan teka-tekinya bisa memiliki harta karunnya.

Karakter Edward Teach alias Blackbeard juga berasal dari kisah legenda Marshal D. Teach. Sedangkan rivalnya, Whitebeard, berasal dari kisah bajak laut Edward Newgate. Batholomew Kuma juga mengikuti kisah Bartholomew Roberts. Begitu juga dengan karakter Captain Alvida (bajak laut dari abad ke-5 Alwida) dan Captain Jewelery Bonney (dari kisah bajak laur Irlandia, Anne Bonny).

Pembangunan memorial asli

Monumen Whitebeard dan Ace di Universal Studio Jepang-gunjap.net

Kisah One Piece memang banyak menceritakan momen-momen yang mengundang air mata. Dua diantaranya adalah saat karakter Whitebeard dan si “Tinju Api” Ace yang tewas dalam arc Marineford.

Dalam versi anime dan manga, sosok ayah dan anak ini dimakamkan berdampingan dan dihiasi dengan barang-barang pribadi mereka. Pada 2013, Universal Studio di Jepang menghadirkan memorial ini ke dunia nyata. Jadi para penggemar bisa mengabadikan momen mereka saat mengunjungi makam bajak laut terkenal ini.

Seru juga ya One Piece. Apa kamu tahu fakta-fakta lainnya dari manga karya Eichiiro Oda ini?

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

 

Mario
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.