Inspirasi Travel Tips

Ini Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Solo Traveler Baru

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi sebagian orang, solo traveling itu seru dan begitu terasa petualangannya. Dengan catatan, solo traveler harus matang mempersiapkan segalanya. Termasuk untuk mempersiapkan kebutuhan kamu sendiri. Karena banyak juga yang baru pertama kali traveling malah langsung berbuat banyak kesalahan. Bagi kamu yang akan solo traveling untuk pertama kalinya, yuk simak beberapa kesalahan yang sering muncul saat solo traveling. Supaya tidak terulang lagi olehmu.

Enggan Bertanya Saat Tersesat

solo traveling
Unsplash.com/@airguitarbandit

Ini kesalahan umum yang sering diulang oleh sebagian besar orang. Padahal tidak ada salahnya jika kamu bertanya kepada warga setempat. Daripada kamu kesasar, ya kan?

Tidak Mau Belajar Bahasa Lokal

solo traveling
Unsplash.com/@aaronburden

Salah satu nikmatnya jalan-jalan sendiri adalah ketika berinteraksi dengan warga setempat. Sebenarnya tidak ada salahnya jika kamu bisa belajar sedikitnya kalimat-kalimat penting, dasar, dan yang mudah. Sehingga kamu bisa menggunakan kalimat tersebut untuk berinteraksi dengan warga setempat. Misalnya untuk menanyakan pantangan makanan, ke toilet, atau sekadar ucapan maaf dan terima kasih.

Lebih Memilih Menginap Di Hotel Daripada Di Hostel

solo traveling
Unsplash.com/@martenbjork

Kalau kamu prefer ingin menginap sendiri tanpa gangguan serta punya budget cukup, tidak masalah pilih hotel. Namun, ketika solo traveling sayang rasanya kalau tidak bertemu orang baru dan berbagi pengalaman masing-masing. Seperti menginap di hostel, dimana kamu bisa bertemu turis lain, terlebih menginap di hostel terbilang jauh lebih murah daripada di hotel.

Unggah Foto dan Video Dengan Location Tag Secara Realtime

solo traveling
Unsplash.com/@aleccooks17

Sering kali disebutkan jika mengunggah foto atau video realtime bisa membahayakan keselamatan kamu selama traveling. Bahkan aturan ini pun bukan hanya untuk para solo traveler, tapi berlaku untuk semuanya. Biasakan selalu ya jangan unggah apapun secara realtime saat traveling! Alihkan fokus kamu dari gadget dengan menikmati setiap perjalanan kamu.

Meniru Itinerary Orang Lain Tanpa Menimbang Kemampuan Diri

solo traveling
Image source : id.pinterest.com/pin/9499849193999564

Kembali lagi ke aturan awal, setiap traveler memiliki kemampuan yang berbeda. Jadi, jangan pernah mencoba itinerary orang lain. Kamu bisa susun itinerary yang kamu banget baik dari segi kemampuan fisik maupun finansial. Setiap orang punya cara masing-masing untuk have fun, kok!

Jangan Banyak Bawa Barang

solo traveling
Image source : cleverjourney.com/cabin-baggage-limits/

Saat traveling tentu kamu akan sering berpindah-pindah tempat kan? Nah, jangan sampai bawaan kamu yang segunung malah bikin kamu jadi malas bepergian. Bawalah barang seperlunya, bahkan untuk urusan perlengkapan mandi, sebaiknya kamu beli di destinasi yang dituju. Jadi, kamu tidak perlu bawa-bawa lagi. Praktis kan?

Gimana? Di antara kejadian di atas? Masih ada yang sering kamu lakukan? Jangan diulangi lagi ya supaya kamu senantiasa traveling nyaman dan aman!

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.