Kesehatan Kuliner

Ingin Mencegah Kanker? Konsumsi 4 Makanan Pencegah Kanker Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tanggal 4 Februari dikenal sebagai Hari Kanker Sedunia di mana hari tersebut dirayakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kanker serta bagaimana cara pencegahan, deteksi, dan pengobatannya. Untuk mencegah kanker, salah satu upayanya adalah dengan mengonsumsi makanan yang dipercaya dapat mengurangi risiko terkena kanker. Makanan apa saja itu? Dilansir dari Reader’s Digest dan Healthline, berikut ini beberapa contoh makanan pencegah kanker yang direkomendasikan untuk kamu  konsumsi!

Baca Juga:

Salmon

salmon makanan pembersih usus besar
Image source: @keto.huyen833

Kamu suka makan salmon? Nah kebiasaan ini ternyata sangat baik lho! Pasalnya salmon dapat menurunkan risiko kanker usus dan kanker endometrial karena mengandung omega-3 dan vitamin D. Agar efektif mengurangi risiko kanker, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan pencegah kanker ini minimal dua porsi setiap minggunya. Untungnya salmon bisa diolah menjadi beragam hidangan seperti sushi, sashimi, steak salmon panggang, dan topping rice bowl.

Kayu Manis

kayu manis sebagai makanan pencegah kanker
Image source: @naofoodstory

Selain memiliki rasa yang enak, kayu manis juga berkhasiat untuk memperlambat penyebaran serta pertumbuhan sel kanker. Bahkan kayu manis dalam bentuk ekstrak saja bisa membantu mencegah munculnya tumor. Agar efektif mencegah kanker, kamu disarankan untuk mengonsumsi kayu manis setengah hingga satu sendok.  Kamu juga bisa menggunakan makanan pencegah kanker ini dalam campuran kue seperti pai apel, cinnamon roll, panekuk, dll.

Bawang Putih

makanan pencegah kanker bawang putih
Image source: @herbalpreneurjakarta

Karena termasuk dalam bumbu masak dan penambah cita rasa hidangan, tidak sulit untuk melibatkan makanan pencegah kanker ini dalam setiap makanan yang diolah. Kabar baiknya, bawang putih ternyata bisa membantu untuk mencegah kanker lho! Kandungan zat allicin yang terdapat dalam bumbu tersebutlah yang mampu mencegah kanker, terutama kanker usus besar dan kanker lambung. Setidaknya, mengonsumsi makanan yang mengandung satu siung bawang putih saja setiap hari cukup efektif dalam mencegah kanker.

Buah Beri

peringati hari kanker sedunia dengan mengonsumsi buah beri
Image source: @thekitchenapothecary

Jenis buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry mengandung anthocyanin atau pigmen yang memiliki sifat antioksidan. Kandungan antioksidan terbukti dapat mencegah beberapa tipe kanker, contohnya kanker tenggorokan, kanker usus besar, dan kanker mulut.  Agar kamu merasakan khasiat buah beri sebagai pencegah kanker, sebaiknya jenis buah ini dikonsumsi sebanyak satu hingga dua porsi per hari. Kamu juga bisa mencampur makanan pencegah kanker ini ke dalam hidangan lain seperti jus, oatmeal, yoghurt, smoothie bowl, dan dessert.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.