Informasi

Virus Corona Semakin Mengkhawatirkan, Ini Imbauan Untuk Pelancong

Pinterest LinkedIn Tumblr

Baru-baru ini dikabarkan jika di Indonesia sudah terdapat dua orang yang terpapar virus corona atau dikenal juga sebagai Covid-19. Hal ini tentu meresahkan banyak orang, tidak terkecuali para pelancong yang akan ke luar negeri. Merebaknya wabah satu ini membuat beberapa pihak – khususnya pemerintah, mengambil sikap untuk masyarakat.

Melalui Kementrian Luar Negeri (Kemlu) – Pemerintah Indonesia mengimbau kepada masyarakat yang akan melancong ke luar negeri – yang terkena dampak virus corona untuk selalu waspada atau berhati-hati. Bagi yang akan bepergian ke negara rawan corona seperti Cina hingg Korea Selatan, Kemlu mengimbau untuk tidak ke negara tersebut sementara waktu.

Mengutip Kompas.com, imbauan dari Kemlu berasal dari negara-negara tertentu telah melayangkan imbauan terkait virus corona. Berikut beberapa imbauan yang telah dilayangkan mengenai turis yang akan berkunjung ke negara-negara rawan virus corona tersebut.

Hong Kong

Imbauan virus corona
Hong Kong – pixabay.com

Pemerintah Hong Kong telah menetapkan pembatasan akses masuk warga non-Hong Kong dari Korea Selatan. Pembatasan tersebut telah diberlakukan pada tanggal 25 Februari 2020. Hal tersebut telah dipaparkan langsung melalui akun Instagram resmi Safe Travel milik Kementrian Luar Negeri Indonesia. Pembatasan ini pun berlaku untuk mereka yang telah berada di Korea Selatan dalam 14 hari terakhir. Hal ini pun diberlakukan demi mencegah penyebaran wabah virus corona di Hong Kong.

Untuk itu bagi kamu para pelancong asal Indonesia yang akan bertolak ke Hong Kong dalam waktu dekat, sebaiknya tunda terlebih dahulu atau jadwal ulang keberangkatannya. Kamu pun bisa tunda keberangkatan hingga ada informasi lebih lanjut mengenai otoritas dari berbagai pihak setempat.

Italia

Imbauan virus corona
Italia – pxhere.com

Negeri Colosseum ini pun kini sedang kewalahan mengatasi wabah corona, maka Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Roma pun tidak tinggal diam. Pada pertengahan bulan Februari, melayangkan imbauan bagi para WNI yang akan bertolak ke Italia, maupun yang tinggal di wilayah tersebut. Pada imbauannya yang terpampang di Instagram resmi KBRI Roma, wilayah Italia Utara telah terinfeksi virus yang disebut covid-19 ini. Untuk itu, bagi yang akan mengunjungi Italia, sebaiknya hindari wilayah yang terinfeksi tersebut. Khususnya untuk wilayah seperti Codogna (Lombardia), Vo Euganeo (Veneto), dan Torino (Piemonte).

Korea Selatan

Imbauan virus corona
Korea Selatan – wikimedia.org

Melalui akun twitter resmi KBRI Seoul, Kedutaan RI di Korea Selatan mengimbau para pelancong asal Indonesia untuk menunda kunjungan ke Daegu dan sekitarnya. Pasalnya, kasus penyebaran virus corona ini semakin meningkat beberapa hari ini. Bahkan pada bulan februari, terdapat 100 kasus baru, dan terhitung total sebanyak 204 kasus ditemukan mengenai infeksi virus corona. Sebagian besar kasus tersebut di temukan di kawasan Daegu.

Untuk itu, perlu lakukan prosedur pencegahan dini terhadap virus corona seperti berikut:

  1. Lindungi diri dengan mengenakan masker,
  2. Gunakan hand sanitizer untuk mensterilkan tangan
  3. Hindari kontak dengan hewan liar
  4. Hindari makanan daging mentah atau setengah matang
  5. Memantau perkembangan berita di media setempat atau media sosial KBRI Seoul.

Jika ditemukan gejala seperti batuk, demam di atas 37,5 derajat celsius, sakit tenggorokan disertai gangguan pernapasan. Segera periksakan di rumah sakit terdekat dan jauhi lokasi yang diduga sebagai tempat penularan virus corona.

Jepang

Jepang – pixabay.com

Bagi para WNI yang sedang berada di Jepang diimbau untuk selalu memerhatikan dan menjaga kesehatan diri. Bilamana berada di daerah publik atau keramaian, diimbau untuk jaga kebersihan dan lingkungan, sehingga tindakan tersebut bisa menjadi upaya pencegahan menularnya virus corona. Untuk pencegahan lainnya, Pemerintah Jepang telah mendirikan Pusat Tanggap Darurat tingkat nasional yang selalu siap siaga. Melansir laman Kemlu RI pun diimbau, bagi WNI yang berada di Jepang untuk selalu memantau informasi resmi Otoritas Jepang mengenai kewaspadaan terhadap virus corona.

Taiwan

Taiwan – needpix.com

Direktur Taiwan Tourism Bureau untuk Malaysia Filipina Indonesia dan Brunei, Abe Chou telah mengatakan jika para pelancong masih diperbolehkan berwisata ke Taiwan. Hanya saja terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di antaranya selalu menggunakan masker di mana pun – khususnya di tempat dan transportasi umum.  Selain itu, selalu perhatikan kebersihan tangan dengan mencuci tangan. Karena virus corona telah menyebar dari Cina ke Taiwan. Selebihnya, Abe mengimbau agar pelancong asal Indonesia selalu percaya dengan tim kesehatan atau medis di Taiwan.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.