Kesehatan Kuliner

Ikan Sapu-sapu Layak Dikonsumsi Gak Sih?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Disebut juga ikan bandaraya, ikan sapu-sapu (Hypostomus plecostomus) merupakan jenis ikan air tawar pemakan alga dan lumut. Jenis ikan ini sering juga difungsikan sebagai ikan pembersih akuarium. Ikan ini berasal dari Benua Amerika dan masuk dalam famili Loricariidae. Dibandingkan dengan ikan lain, ikan bandaraya memiliki keistimewaan, yaitu mampu bertahan hidup meski dalam kondisi air yang tercemar sekalipun. Bahkan, karena fungsinya sebagai ikan pembersih, ikan bandaraya mampu menyerap berbagai zat berbahaya yang mencemari air seperti timbal, merkuri, logam, dll. Jika seperti itu, apakah ikan ini masih layak untuk dikonsumsi?

Baca Juga:

ikan sapu-sapu jenis ikan air tawar pembersih
Image source: wikipedia.org

Banyak penelitian yang mengungkap bahwa daging ikan sapu-sapu mengandung zat berbahaya. Bila dikonsumsi manusia, tentunya zat-zat tersebut dapat merusak kesehatan. Sayangnya, tidak sedikit orang menggunakan jenis ikan ini sebagai bahan pembuat makanan, seperti bakso ikan dan siomay.  Kalau ikan air tawar ini tetap dikonsumsi, berikut ini ada berbagai masalah kesehatan yang bisa dialami:

Tukak Lambung

Ikan sapu-sapu mampu menyerap kandungan logam berat dalam air seperti kadmium. Oleh karena itu, daging jenis ikan ini juga mengandung logam yang sama. Sehingga, bila dikonsumsi, akan menyebabkan iritasi pada dasar dan dinding lambung yang memicu peningkatan asam lambung dan peradangan.

Gatal Kulit

kulit gatal akibat mengonsumsi ikan sapu-sapu
Image source: viewremedy.com

Bila habitat ikan air tawar ini tercemar oleh limbah pabrik, maka dagingnya pun akan menyerap zat yang sama. Bila ikan sapu-sapu diolah menjadi bahan makanan, akan ada berbagai reaksi negatif dalam tubuh seperti gatal di kulit dan rongga mulut bila dikonsumsi.

Kerusakan Otak

Timbal dan tembaga dapat memicu penyumbatan aliran darah di seputar otak dan dapat meracuninya. Akibatnya, otak pun akan mengalami kerusakan permanen. Maka dari itu, jangan sampai kamu memakan olahan yang mengandung ikan sapu-sapu ya!

Gangguan Fungsi Hati

gangguan fungsi hati
Image source: webmd.com

Kadium dan tembaga yang diserap oleh ikan sapu-sapu yang kemudian dikonsumsi dapat melukai dinding hati.  Hal ini akan memicu peradangan yang dapat merusak fungsi hati.

Kerusakan Ginjal

Selain hal-hal di atas, mengonsumsi jenis ikan air tawar ini dapat merusak ginjal. Ini disebabkan oleh kandungan cadmium yang dapat mengiritasi ginjal. Bila ginjal rusak, tubuh akan sulit mempertahankan keseimbangan kadar air serta menyaring darah.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.